Efektivitas Penggunaan Media Puzzle terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 MI Kresna Mlilir Madiun

Dewi, Yuliana Sasmita (2024) Efektivitas Penggunaan Media Puzzle terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 MI Kresna Mlilir Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
203200261_YULIANA SASMITA DEWI_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Dewi, Yuliana Sasmita. Efektivitas Penggunaan Media Puzzle Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 MI Kresna Mlilir Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Ayunda Riska Puspita, M.A.

Kata K unci : media puzzle, media kartu huruf, keterampilan membaca

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa kelas I di MI Kresna Mlilir Madiun. Keterampilan membaca yang masih rendah di MI Kresna disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi minat baca yang dimiliki peserta didik masih rendah, kurangnya motivasi yang dimiliki siswa terhadap kegiatan membaca. Faktor eksternal meliputi faktor lingkungan di antaranya kurangnya dorongan bimbingan dari orang tua seperti membiasakan peserta didik membaca satu kalimat yang sederhana, mengenalkan huruf-huruf abjad dan belajar membaca dengan mengeja huruf. Untuk mengatasi rendahnya keterampilan membaca permulaan kelas 1 Mi Kresna Mlilir madiun ini dengan adanya penggunaan media puzzle dalam proses pembelajaran membaca keterampilan permulaan.
Tujuan penelitian ini pertama, untuk menjelaskan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I yang menggunakan media puzzle di MI Kresna Mlilir Madiun. Kedua, untuk menjelaskan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I yang menggunakan media kartu huruf di Mi Kresna Mlilir Madiun. Ketiga, untuk menjelaskan tingkat efektivitas penggunaan media puzzle dan media kartu huruf terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas I Mi Kresna Mlilir Madiun
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimen. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas 1B dan 1D yang berjuml ah 48 siswa, teknik pengampilan sampel adalah teknik purposive sampling . Teknik analisi data menggunakan teknis tes
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama hasil belajar keterampilan membaca permulaan dengan menggunakan media puzzle menunjukkan peningkatan yang signifikan, sejumlah 85%. Kedua, hasil belajar keterampilan membaca permulaan dengan menggunakan media kartu huruf juga mengalami peningkatan sejumlah 37%. Ketiga, berdasarkan uji t-tes menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar membaca permulaan dengan menggunakan media puzzle dan media kartu huruf dengan nilai uji t 0,00 < 0,05. Berdasarkan uji N-Gain rata-rata nilai yang menggunakan media puzzle 0,77 sedangkan rata-rata nilai yang menggunakan media kartu huruf 0,36. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media puzzle memiliki dampak positif yang kuat dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ayunda Riska Puspita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Jul 2024 05:54
Last Modified: 11 Jul 2024 05:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29817

Actions (login required)

View Item View Item