Tri Agustina, Yerin (2024) Pengaruh Gaya Mengajar Guru dan Gaya Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Kauman Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI YERIN TRI AGUSTINA.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Tri Agustina, Yerin. 2024. Pengaruh Gaya Mengajar Guru dan Gaya Belajar
Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan
Agama Islam Di SMPN 1 Kauman Ponorogo. Skripsi. Jurusan
Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut
Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Sugiyar, M. Pd. I.
Kata Kunci: Gaya Mengajar Guru, Gaya Belajar Siswa, Hasil Belajar PAI
Pendidikan merupakan suatu usaha yang dilakukan untuk
mengembangkan diri dan memperoleh suatu perubahan perilaku sebagai bekal
dalam menjalankan kehidupan sehari – hari. Guru memiliki peran serta tanggung
jawab untuk membantu meningkatkan kualitas pendidikan. Oleh karena itu guru
disarankan melakukan perubahan dalam gaya pengajaran mereka disekolah untuk
dapat disesuaikan dengan gaya pembelajaran siswa sehingga mereka dapat
menerima materi dengan baik. Salah satu cara yang dapat dijadikan sebagai
petunjuk guru dalam menggunakan gaya pengajaran yang sesuai yaitu dengan
guru memperhatikan gaya belajar dari siswa. Selain gaya mengajar guru, gaya
belajar siswa juga menjadi faktor dalam menentukan prestasi belajar yang
diperoleh siswa. Kemampuan peserta didik untuk memahami dan menyerap
pelajaran sudah pasti berbeda tingkatnya, ada yang cepat, sedang dan ada pula
yang lambat. Terkhusus dalam mata pelajaran PAI yang didalamnya terdapat
materi lisan, praktek, gambar, dsb. Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti
di SMP Negeri 1 Kauman, dalam pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam di kelas VII, bahwa peneliti sering mendapati siswa kelas VII yang
mengalami kesulitan dalam mengikuti pelajaran, yang pada akhirnya berdampak
pada hasil belajar mereka.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui pengaruh gaya
mengajar guru terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI siswa kelas VII SMPN 1
Kauman. 2) Untuk mengetahui pengaruh gaya belajar siswa terhadap hasil belajar
mata pelajaran PAI siswa kelas VII SMPN 1 Kauman. 3) Untuk mengetahui
pengaruh gaya mengajar guru dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar mata
pelajaran PAI siswa kelas VII SMPN 1 Kauman.
Peneitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
ex post facto. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket. Sampel pada
penelitian ini benjumlah pada 115 responden. Dan teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah rumus statistika yaitu regresi linier
sederhana dan regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai
berikut: 1) Gaya Mengajar Guru berpengaruh sebesar 10,2% dalam
mempengaruhi hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran PAI di SMPN 1
Kauman. 2) Gaya Belajar Siswa berpengaruh sebesar 27,2% dalam
mempengaruhi hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran PAI di SMPN 1
Kauman. 3) Gaya mengajar guru dan gaya belajar siswa berpengaruh sebesar
40,2% dalam mempengaruhi hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran
PAI di SMPN 1 Kauman.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Sugiyar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 05:42 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 05:42 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29813 |
Actions (login required)
View Item |