Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Jiwan Tahun Pelajaran 2023/2024

Sholihah, Imroatus (2024) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Jiwan Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
201180103_IMROATUS SHOLIHAH_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Sholihah, Imroatus. 2024. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Jiwan Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Fery Diantoro, M.Pd.I.

Kata Kunci: Kooperatif, pai, hasil belajar.

Pendidikan adalah proses belajar yang terprogram yang berlangsung sepanjang hidup yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan seseorang agar mereka dapat memainkan peran yang tepat di masa depan. Ini dapat dilakukan melalui pendidikan formal, non-formal, dan informal di sekolah dan di luar sekolah. Guru yang mengajar secara monoton menghadapi beberapa pokok masalah yang sering terjadi, salah satunya adalah mereka tidak tahu atau tidak memiliki banyak variasi dalam metode, teknik, pendekatan, dan konsep yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Akibatnya, guru yang mengajar secara monoton sangat membosankan bagi muridnya.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana model pembelajaran kooperatif dapat membantu meningkatkan hasil belajar PAI kelas VII SMP Negeri 1 Jiwan pada Tahun Pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran yang ada di dalam kelas. Penelitian ini juga termasuk ke dalam jenis penelitian deskriptif, yang dilakukan di SMP Negeri 1 Jiwan. Subjek penelitian ini yaitu semua siswa kelas VII yang berjumlah 27 orang siswa. Teknik yang dipakai dalam pengumpulan data yakni observasi, dokumentasi, angket, dan tes.
Hasil dari penelitian ini adalah dari 1) Model pembelajaran kooperatif bisa meningkatkan partisipasi peserta didik dalam materi PAI Asmaul Husna. 2) Hasil belajar meningkat secara signifikan dari siklus I ke siklus II. Sebanyak 18 siswa dari siklus I terlibat bisa secara aktif yang dalam kegiatan proses pembelajaran, dengan perolehan presentase yang sebesar 66%. 3) Dari hasil siklus I yang juga meningkat sebanyak 27 siswa pada siklus II, sehingga menjadi 27 siswa yang berhasil menerapakan model pembelajaran kooperatif dengan presentase 100%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fery Diantoro
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Jul 2024 05:41
Last Modified: 11 Jul 2024 05:41
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29812

Actions (login required)

View Item View Item