Labibah, Arida Arifatul (2024) Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Washaya Al Abaa Li Al Abna dan Relevansinya dengan Materi Akidah Akhlak Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
201200025_Arida Arifatul Labibah_PAI.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Seiring berkembangnya globalisasi yang ditandai dengan semakin pesatnya perubahan diberbagai bidang kehidupan, perubahan tersebut membawa dampak negatif dan positif terutama dalam pendidikan akhlak, banyaknya penyimpangan akhlak yang dilakukan oleh pelajar. Dalam menangani hal ini pendidik bisa menggunakan materi pelajaran yang ada untuk membantu pembentukan akhlak anak, seperti materi pelajaran akidah akhlak. Selain itu juga bisa dilakukan dengan mengkaji kitab-kitab kuno terdahulu salah satunya kitab Was}a>ya> Al Aba> Li Al Abna> Karya Syekh Muhammad Syakir. Kitab yang berisi pendidikan akhlak yang harus dimiliki anak dalam kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Washaya, dan relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Was}a>ya> Al Aba> Li Al Abna> karya Syekh Muhammad Syakir dengan materi pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah.
Peneliti ini menggunakan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif jenis yaitu dengan penelitian library research. Penelitian ini dilaksanakan dengan bertumpu pada data-data kepustakaan, yaitu dengan mengkaji Kitab Was}a>ya> Al Aba> Li Al Abna> karya Syekh Muhammad Syakir, buku akidah akhlak kelas VIII MTs serta data-data sekunder lainnya yang sesuai dengan penelitian ini.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa: (1) Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak yang terkandung dalam Kitab Was}a>ya> Al Aba> Li Al Abna>, terbagi berdasarkan: (a) devinisi akhlak menurut Muhammad Syakir, (b) sumber akhlak yang bersumber dari Al-Qur‟an dan Hadis, (c) tujuan pendidikan akhlak yakni memperoleh ridho Allah, berkepribadian muslim, terhindar dari sifat tercela, (d) pembagian akhlak yang dilihat dari dua sudut pandang yakni sifat dan objek. (2) Pendidikan akhlak dalam kitab Was}a>ya> Al Aba> Li Al Abna> relevan dengan materi pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII Madrasah Tsanawiyah. Materi yang relevan adalah sifat tawakal, sabar, syukur, hasad, ghibah, namimah akhlak terhadap orang tua dan akhlak terhadap guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Erwin Yudi Prahara, M.Ag. |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 05:39 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 05:39 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29808 |
Actions (login required)
View Item |