Konsep Pendidikan Akhlak KH. Ahmad Dahlan dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam Era 4.0

Ramadhan, Mohammad Rafli (2024) Konsep Pendidikan Akhlak KH. Ahmad Dahlan dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam Era 4.0. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201190162_Mohammad Rafli Ramadhan_Skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan manusia, problematika akhlak saat ini banyak terjadi dikalangan anak muda. Pendidikan akhlak hendaklah bisa membantu untuk menciptakan manusia yang bertaqwa dan berakhlak mulia baik dari sistem pendidikan nasional maupun pendidikan Islam, untuk memperbaiki moral bangsa Indonesia saat ini. Sejalan dengan uraian di atas dimana di Era industri 4.0 sekarang ini, jika kita telisik lebih dalam begitu banyak perubahan dalam menjalani kehidupan ini sehingga tidak dipungkiri terjadi degradasi moral. Di sini peneliti akan membahas pendidikan akhlak menurut K.H. Ahmad Dahlan. K.H. Ahmad Dahlan adalah tokoh agama Islam yang sangat disegani dan dihormati pada zamannya. Pandangan K.H. Ahmad Dahlan pada fenomena pendidikan di atas memberikan inspirasi pada penulis untuk lebih jauh mengungkap pikiran-pikiran pendidikan dari beliau-beliau terutama dari sisi pendidikan akhlak yang di tuangkan dalam beberapa buku, artikel maupun contoh kehidupan.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis (1) konsep pemikiran pendidikan akhlak menurut K.H. Ahmad Dahlan, dan (2) konsep pendidikan akhlak menurut K.H. Ahmad Dahlan dan Relevansinya terhadap pendidikan Islam di Era 4.0.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kajian pustaka atau library research. Sumber data primer dari penelitian ini adalah buku Pelajaran K.H. Ahmad Dahlan (7 falsafah ajaran dan 17 kelompok ayat Al-Qur’an). Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi.
Hasil dari penelitian ini adalah: (1) KH. Ahmad Dahlan melakukan tajdid (pembaharuan), kontekstualisasi konsep pendidikan yang sudah ada, dengan mengembangkan konsep pendidikan Islam. Tujuh falsafah KH. Ahmad Dahlan yang memiliki Pokok-pokok falsafah yakni: (a) Memiliki tujuan hidup yang jelas (b) Tidak boleh angkuh dan takabur (c) Melakukan kebiasaan yang baik (d) Mampu berpikir positif (e) Memiliki tingkah laku yang baik. (f) Menjadi pribadi yang amanah (g) Memiliki semangat menuntut ilmu, (2) 7 falsafah KH. Ahmad Dahlan relevan dengan pendidikan Islam era 4.0, nilai-nilai akhlak yang diajarkan oleh KH. Ahmad Dahlan ini tetap penting. Pendidikan akhlak membantu menciptakan karakter yang baik, integritas, dan moral yang kuat. Di era pendidikan Islam 4.0, nilai-nilai ini tetap diperlukan, terutama dalam menghadapi tantangan etika dan moral yang mungkin muncul dalam penggunaan teknologi dan konektivitas digital. Berdasarkan dari 7 falsafah (a) Memiliki tujuan hidup yang jelas (b) Tidak boleh angkuh dan takabur (c) Melakukan kebiasaan yang baik (d) Mampu berpikir positif (e) Memiliki tingkah laku yang baik. (f) Menjadi pribadi yang amanah (g) Memiliki semangat menuntut ilmu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Siti Zazak Soraya
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Jul 2024 05:35
Last Modified: 11 Jul 2024 05:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29805

Actions (login required)

View Item View Item