Pengaruh Media Visual Prezi Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas VII di MTsN 1 Ponorogo

Wulandari, Eli Tasya (2024) Pengaruh Media Visual Prezi Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas VII di MTsN 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_208200014_Eli Tasya Wulandari.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Wulandari, Eli Tasya. 2024. Pengaruh Media Visual Prezi Terhadap Minat
Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas VII di MTsN 1 Ponorogo. Skripsi . Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Arif Rahman Hakim, M Pd.
Kata Kunci : Media Visual, Minat Belajar, Pembelajaran IPS
Media visual merupakan atat bantu atau perantara untuk membantu proses pembelajaran. Media visual juga mampu menampilkan apa yang seharusnya ditampilkan denyan nyata dari fenomena yang dipelajari.minat belajar adalah aspek yang dapat menentukan motivasi seseorang dalam melakukan aktivitas tertentu. Pembelajaran yang kreatif dengan memanfaatkan media visual prezi dapat menumbuhkan ketertarikan, perhatian, perasaan senang, dan keterlibatan pada siswa sehingga berpengaruh terhadap minat belajar siswa MTsN 1 Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) mengetahui perbedaan minat belajar antara menggunakan media visual dengan menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran IPS Kelas VII MTsN 1 Ponorogo. (2) Mengetahui penerapan media pembelajaran visual pada mata pelajaran IPS di kelas VII MTsN 1 Ponorogo dapat meningktkan minat belajar siswa.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kuantitatif dengan melakukan quasi eksperimen di lokasi penelitian MTsN 1 Ponorogo. Pengambilan data dilakukan melalui angket yang disebarkan pada peserta didik. Partisipan berasal dari siswa kelas VII A dan VII C di MTsN 1 Ponorogo yang dipilih dengan teknik random sampling dengan populasi 322 siswa dan diambil sample 48 siswa. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis uji Independent semple T-test diolah dengan bantuan software SPSS versi 25.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) Terdapat perbedaan minat belajar antara menggunakan media visual dengan menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran IPS kelas VII MTsN 1 Ponorogo dapat diktakan sedang. Hal ini diperoleh berdasarkan hasil angket yang diberikan pada kelas eksperimen atau yang diajar menggunkan media visual dengan jumlah 25 siswa yang memiliki nilai rata-rata 36,12 sedngkan pada kelas kontrol yang diajar menggunakan metode konvensional atau ceramah dengan jumlah 24 siswa yang memiliki nilai rata-rata 27,25. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan pada media visual terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas VII MTsN 1 Ponorogo. Hal ini diperoleh dari hasil uji independent sample T-test dengan hasil nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Rahman hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Jul 2024 04:05
Last Modified: 11 Jul 2024 04:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29803

Actions (login required)

View Item View Item