Analisis Nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam Buku Mata Pelajaran Akidah Akhlak Madrasah Ibtidaiyah Kelas V

Muffidah, Ulfi (2024) Analisis Nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam Buku Mata Pelajaran Akidah Akhlak Madrasah Ibtidaiyah Kelas V. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203200119_ULFI MUFFIDAH_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Muffidah, Ulfi. 2024. Analisis Nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam Buku Mata Pelajaran Akidah Akhlak Madrasah Ibtidaiyah Kelas V. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Agus Tricahyo, MA.
Kata Kunci: Nilai-nilai Pendidikan Akhlak, Mata Pelajaran Akidah Akhlak, Kelas V Madrasah Ibtidaiyah.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin merosotnya pendidikan akhlak di masyarakat yang ditandai dengan semakin banyaknya masyarakat yang tidak bermoral bahkan mereka yang berpendidikan tinggi seperti koruptor. Oleh karena itu, pendidikan akhlak perlu lebih ditekankan baik di sekolah-sekolah formal maupun nonformal, untuk mewujudkan generasi yang berakhlak. Berkaitan dengan hal tersebut, peneliti melakukan penelitian tentang pendidikan akhlak yang dianalisis dari buku mata Pelajaran akidah akhlak Madrasah Ibtidaiyah kelas V.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam buku mata pelajaran akidak akhlak kelas V Madrasah Ibtidaiyah, (2) mengetahui cara penanaman nilai-nilai Pendidikan akhlak yang terdapat dalam buku mata pelajaran akidak akhlak kelas V Madrasah Ibtidaiyah kepada siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kepustakaan (library research). Data diperoleh melalui studi literatur dengan mengkaji buku mata pelajaran akidah akhlak kelas V Madrasah Ibtidaiyah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat sembilan nilai pendidikan akhlak dalam buku mata Pelajaran akidah akhlak Madrasah Ibtidaiyah kelas V yaitu menghormati orang lain, teguh pendirian, dermawan, tawakkal, sabar, disiplin, mandiri, menghindari sifat serakah, dan menghindari sifat kikir. Jadi, dapat disimpulkan bahwa dalam buku mata pelajaran akidah akhlak kelas V Madrasah Ibtidaiyah terkandung nilai-nilai pendidikan akhlak yang cukup banyak dan perlu ditanamkan dalam diri peserta didik untuk membantu mengembangkan karakter akhlak yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Agus Tricahyo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Jul 2024 03:58
Last Modified: 11 Jul 2024 03:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29801

Actions (login required)

View Item View Item