Mualif, Rahma Fitrotul (2024) Penerapan Reward dan Punishment dalam Membentuk Perilaku Disiplin Belajar Siswa Kelas II MIN 6 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI 203190173 RAHMA FITROTUL MUALIF.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu cara meningkatkan sumber daya manusia melalui kedisiplinan yang tinggi. Disiplin sangat dibutuhkan dalam sebuah pembelajaran karena tanpa adanya kesadaran melaksanakan aturan yang di tetapkan sebelumnya, pembelajaran tidak akan berjalan efektif dan optimal. Disiplin belajar dicapai melalui suatu upaya pendidikan agar seseorang mengikuti aturan yang berlaku di sekolah. Siswa perlu pembiasaan untuk menaati peraturan yang berlaku di sekolahan. Reward dan punishment merupakan salah satu alat pendidikan yang bertujuan untuk menyadarkan siswa sesuai dengan peraturan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui bentuk reward dan punishment yang diterapkan dalam membentuk perilaku disiplin belajar siswa kelas II MIN 6 Ponorogo. (2) Mengetahui langkah penerapan reward dan punishment dalam membentuk perilaku disiplin belajar siswa kelas II MIN 6 Ponorogo. (3) Mengetahui dampak dari penerapan reward dan punishment dalam membentuk perilaku disiplin belajar siswa kelas II MIN 6 Ponorogo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumntasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data dengan model Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) Bentuk reward dan punishment di kelas II meliputi reward berupa pujian kata-kata, hadiah seperti stiker bintang dan buku tulis, serta penghormatan. Sedangkan bentuk punishment berupa pemberian teguran, peringatan, hukuman. Hukuman diberikan apabila siswa jika ditegur dan diberi peringatan masih melakukan pelanggaran maka akan diberi hukuman berupa menghafal surah pendek di depan kelas. (2) Langkah penerapan reward dan punishment untuk membentuk disiplin belajar siswa ada empat tahapan: pertama, adanya tata tertib kegiatan pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien. Kedua, reward merupakan alat untuk memotivasi siswa agar selalu bertindak sesuai dengan peraturan. Ketiga punishment menjadi alat untuk mengontrol semua perilaku siswa, dan keempat, konsistensi dilaksanakan supaya membentuk perilaku disiplin belajar siswa. (3) Dampak penerapan reward dan punishment yaitu tewujudnya kebiasaan baik, siswa termotivasi untuk selalu semangat dan senang berperilaku disiplin belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Dwi Ulfa Nurdahlia |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 03:57 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 03:57 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29799 |
Actions (login required)
View Item |