Hafitri, Sufiyah Maulida (2024) PERAN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN LITERASI DAN PROSES PEMBELAJARAN SISWA DI SMPN 1 SIMAN. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
|
Text
PERAN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN LITERASI DAN PROSES PEMBELAJARAN SISWA DI SMPN 1 SIMAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Hafitri, Sufiyah Maulida, 2024. Peran Perpustakaan dalam Meningkatkan Literasi dan Proses Pembelajaran Siswa di SMPN 1 Siman. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Afni Ma’rufah, M.Pd.
Kata Kunci: Perpustakaan, Literasi, Proses Pembelajaran.
Mengatasi bebagai permasalahan pendidikan, perpustakaan dapat digunakan sebagai salah satu lembaga yang merupakan salah satu wahana information resourch dan knowledge resourch yang keberadaannya diharapkan mampu membantu pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Berdasarkan hal tersebut adanya perpustakaan dan gerakan literasi sangat berkesinambungan guna mendapatkan hasil tujuan dalam mencerdaskan, melatih membaca serta menulis kepada peserta didik. Perpustakaan sekolah juga berpengaruh dalam upaya meningkatkan aktivitas siswa serta meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran, karena melalui penyediaan perpustakaan, siswa dapat berinteraksi dan terlibat langsung baik secara fisik maupun mental dalam proses belajar. Hal ini menunjukkan peran perpustakaan sekolah sebagai elemen penting dalam keberhasilan proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana peran perpustakaan sekolah dalam meningkatkan literasi siswa di SMPN 1 Siman; (2) mengetahui bagaimana peran perpustakaan sekolah dalam proses pembelajaran siswa di SMPN 1 Siman; (3) hambatan dalam pengelolaan perpustakaan di SMPN 1 Siman.
Metode penelitian yang digunakan pada studi ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian ini adalah (1) mengadakan program penunjang literasi di perpustakaan sebagai bentuk fasilitas sekolah dalam berbagai macam bentuk yaitu berupa mading perpustakaan, pohon literasi, dan mini perpustakaan tiga dimensi.selain itu juga terdapat peran guru sebagai fasilitator, informator, organisator, dan motivator kepada siswa. (2) Pihak perpustakaan membuat jadwal kunjungan rutin untuk setiap kelas mengadakan kegiatan belajar mengajar di perpustakaan secara bergantian setiap minggunya. Biasanya guru juga memberi tugas yang mana siswa wajib datang ke perpustakaan untuk mencari referensi tugasnya agar referensi yang digunakan dalam pembelajaran lebih luas. (3) Hambatan utama yang terdapat dalam pengelolaan perpustakaan di SMPN 1 Siman ini adalah belum adanya pustakawan khusus yang mengelola perpustakaan. Selain itu kurang berlakunya tata tertib pada siswa dalam mengunjungi perpustakaan juga menjadi hambatan pengelolaan perpustakaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Afni Ma'rufah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 03:31 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 03:31 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29798 |
Actions (login required)
View Item |