Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament Terhadap Pemahaman KonsepMateri Qada'dan Qadar Pada Siswa Kelas IX Di SMP Negeri 3 Sambit Ponorogo Tahun Pelajaran 2023/2024

Murniawati, Ria Agustina Binti (2024) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament Terhadap Pemahaman KonsepMateri Qada'dan Qadar Pada Siswa Kelas IX Di SMP Negeri 3 Sambit Ponorogo Tahun Pelajaran 2023/2024. Other thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
UNGGAH E THESIS WM.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pemahaman yang baik merupakan tujuan utama dalam penyampaian sebuah pembelajaran namun dalam kenyataannya masih banyak ditemui berbagai kendala dalam mencapai tujuannya. Sebagai contoh adalah rendahnya tingkat pemahaman yang dimiliki siswa yang disebabkan kurangnya keterpenuhinya kebutuhan dalam belajarnya seperti model pembelajaran yang kurang menarik bagi siswa ataupun media yang digunakan. Keadaan yang semacam itu dapat diatasi dengan menerapkan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) khususnya dalam materi PAI siswa.
Tujuan dilakukannya penelitian ini guna memberkan sumbangan pemikiran terkait keterlaksanaan kegiatan pembelajaran pai materi qada’ dan qadar menggunakan team games tournament pada kelas IX di SMP Negeri 3 Sambit, aktivtas siswa kelas IX yang mengalami model pembelajran team games tournament di SMP Negeri 3 Sambit Ponorogo, dan efektivitas model pemelajaran team games torunament dalam meningkatkan kemampuan pemahaman materi qada’dan qadar siswa.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif jenis quasi experimental design dengan siswa kelas IX B dan IX C sebagai populasi penelitian. Populasi tersebut dibagi menjadi dua kelompok kelas yakni kelas IX B sebagai kelompok kelas kontrol dan kelas IX C sebagai kelompok kelas kontrol yang diberikan treatment berupa penerapan pembelajaran menggunakan model team games learning. Data yang diperoleh dari penelitian ini diuji menggunakan uji statistik berupa uji-t dan uji N-Gain untuk mengetahui tingkat signifikansi dan kefektivitasannya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kegiatan penerapan model pembelajaran team games tournament terlaksana dengan baik dengan diperolehnya skor penilaian observasi sebesar 85% (2) aktivitas siswa kelas eksperimen memperoleh skor sebesar 73% selama diterapkannya model pembelajaran team games tournament. (3) Dari uji t yang memperoleh hasil thitung sebesar 43,927 dan ttabel 1,684 yang artinya Ha diterima. Dan berdasarkan hasil uji N-Gain sebesar 78.4048 maka penerapan model pembelajaran team games tournament efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam penyampaian materi PAI pokok bahasan Qada’ dan Qadar

Item Type: Thesis (Other)
Thesis Supervisor: Moh. Miftachul Choiri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Jul 2024 03:28
Last Modified: 11 Jul 2024 03:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29791

Actions (login required)

View Item View Item