Ardiansyah, Muhammad Elan (2024) Peningkatan Pemahaman Materi Ibadah Melalui Model Pembelajaran Direct Instruction Siswa SMP Negeri 2 Slahung. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
201200346_Muhammad Elan Ardiansyah_etheses.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Era sekarang, banyak siswa yang kurang memahami mengenai materi ibadah yang salah satu penyebabnya adalah penggunaan model pembelajaran yang hanya berfokus pada pengetahuan deklaratif, sehingga kurang dalam pengetahuan keterampilan dasar mengenai materi ibadah, dan permasalahan tersebut ditemukan di SMP Negeri 2 Slahung. Maka, penggunaan model pembelajaran yang tepat yang salah satunya menggunakan model pembelajaran direct instruction untuk mencakup pengetahuan deklaratif dan prosedural, sehingga pemahaman menjadi meningkat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemahaman siswa mengenai materi ibadah di SMP Negeri 2 Slahung pada kelas eksperimen dan kelas kontrol serta perbedaan pemahaman materi ibadah antara kelas yang menggunakan model direct instruction dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi ibadah di SMP Negeri 2 Slahung.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif Eksperimen. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa SMP Negeri 2 Slahung dengan jumlah sampel kelas VII yaitu 43 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan soal tes. Analisis data dari hasil penelitian menggunakan Uji Independent Sample t.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa: (1) kelas eksperimen didapatkan hasil rata-rata pre test sebesar 31,55 dan post test sebesar 70,14 yang meningkat sebesar 38,59 atau 122,314%, (2) kelas kontrol didapatkan hasil rata-rata pre test sebesar 27,48 dan post test sebesar 48,05 meningkat sebesar 20,57 atau 74,854%, serta (3) ada perbedaan pemahaman materi ibadah antara eksperimen dengan kelas kontrol siswa SMP Negeri 2 Slahung. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata post test kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol yaitu 70,14 > 48,05 dan uji independent t didapatkan hasil yaitu 0,000 < 0,005. Dengan demikian, model pembelajaran Direct Instruction efektif dalam meningkatkan pemahaman materi ibadah pada siswa, sehingga model ini direkomendasikan untuk digunakan dalam pengajaran yang berkaitan dengan materi ibadah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Ahmad Sulton |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 03:21 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 03:21 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29778 |
Actions (login required)
View Item |