Pembinaan Religiusitas Siswa MTsN 2 Ponorogo Melalui Program Boarding School

Nisaul Fadlilah, Zulfa (2024) Pembinaan Religiusitas Siswa MTsN 2 Ponorogo Melalui Program Boarding School. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
201190303_ZULFA NISAUL FADLILAH_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penanaman nilai keagamaan yang dilakukan oleh orang tua untuk membantu madrasah dalam mewujudkan religiusitas di lembaga pendidikan. Lingkungan madrasah kental dengan nilai Islam akan membuat siswa untuk bersikap dan berperilaku sesuai ajaran Islam serta untuk menghindari pergaulan bebas baik pengaruh dari dalam sekolah maupun dari luar lingkungan sekolah karena di abad 21 ini perkembangan zaman dan teknologi yang semakin pesat juga akan menimbulkan pergaulan yang banyak dengan relasi cenderung bersifat negatif jika tidak bijak dalam memilih teman dalam bergaul. Dengan tujuan mencari ilmu dan mencapai kehidupan yang berlandaskan nilai agama Islam. Madrasah yang menerapkan nilai religiusitas melalui boarding school menjadi pilihan untuk melahirkan generasi yang agamis.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pembinaan aspek akidah siswa MTsN 2 Ponorogo melalui program boarding school (2) Mengetahui pembinaan aspek syariah siswa MTsN 2 Ponorogo melalui program boarding school (3) Mengetahui pembinaan aspek akhlak siswa MTsN 2 Ponorogo melalui program boarding school.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif yang pada hakekatnya data yang dikumpulkan berupa kata-kata dan gambar dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yaitu redaksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini bisa disimpulkan bahwa secara keseluruhan pada aspek akidah, syariah, dan akhlak sudah dilakukan dengan baik. (1) Pada pembinaan aspek akidah siswa MTsN 2 Ponorogo pada program boarding school dilakukan dengan baik yang dilihat dari pemahaman siswa yang baik pada aspek tauhid uluhiyah, tauhid rububiyah, tauhid nubuwwah, dan tauhid sam’iyyat. (2) Pada pembinaan aspek syariah siswa MTsN 2 Ponorogo pada program boarding school dilakukan dengan baik yang dapat dilihat dari kebiasaan siswa untuk taat beribadah dan menjaga auratnya di lingkungan sekolah. Selain itu pembinaan syariah pada siswa juga didukung oleh pihak orang tua yang menjaga keamanan siswa dengan mengantar jemput siswa untuk bersekolah. Namun, masih terdapat beberapa siswa membawa kendaraan pribadi untuk bersekolah yang tidak sesuai aturan lalu lintas dan membawa keresahan di masyarakat. (3) Pada pembinaan aspek akhlak siswa MTsN 2 Ponorogo pada program boarding school dilakukan dengan baik yang dapat dilihat dari kedisiplinan siswa ketika kegiatan belajar untuk tertib, sopan, dan jujur. Selain itu, dalam hubungan sosial siswa memiliki hubungan yang baik dengan teman-temannya dan guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lia Amalia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Jul 2024 03:12
Last Modified: 11 Jul 2024 03:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29764

Actions (login required)

View Item View Item