Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru (Studi Kasus di MTsN 3 Ponorogo)

'indi, Afroyin (2024) Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru (Studi Kasus di MTsN 3 Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
AFROYIN'INDI 206200005.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

‘Indi, Afroyin. 2024. Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Kompetensi
Pedagogik Guru (Studi Kasus di MTsN 3 Ponorogo). Skripsi.
Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Intitut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Wahid
Hariyanto, M.Pd.I.
Kata Kunci: Supervisi Akademik, Kompetensi Pedagogik.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya problematika pendidik dalam
menjalankan proses pembelajaran. Dapat diketahui pendidik merupakan ujung
tombak keberhasilan pendidikan di Indonesia. Problematika ini harus ditingkatkan
dengan memberikan pemantauan. Dikarenakan kegiatan pendidikan paling
penting di sekolah yakni kegiatan belajar, sehingga semua organisasi madrasah
merencanakan efisiensi dan efektivitas pembelajaran. Kepala madrasah memiliki
peran yang sangat strategis dalam meningkatkan mutu-mutu pembelajaran di
madrasah. Salah satu tugas pokok kepala madrasah yaitu melakukan supervisi
akademik.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui mengenai fakta kompetensi
pedagogik sebelum adanya supervisi akademik (2) mengetahui langkah-langkah
supervisi akademik (3) mengetahui implikasi supervisi akademik terhadap
kompetensi pedagogik di MTsN 3 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
studi kasus. Dengan penelitian model deskriptif kualitatif yang menggunakan
teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Adapun teknik analisis data pada penelitian ini yaitu dengan melakukan
pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini dengan perpanjangan
keikutsertaan, ketekunan, dan triangulasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1)
Kompetensi pedagogik guru di MTsN 3 Ponorogo telah memenuhi standar kriteria
pendidikan. Namun ada beberapa aspek yang belum dikuasai oleh guru MTsN 3
ponorogo. Diantaranya perlunya adaptasi mengenai pembaruan kurikulum,
pengembangan strategi pembelajaran evaluasi belajar peserta didik, serta
peningkatan penggunaan teknologi dalam pembelajaran, (2) Pelaksanaan supervisi
yang dilakukan di MTsN 3 Ponorogo ada beberapa tahapan. Yang pertama
perencanaan, dalam perencanaan kepala madrasah membuat tim supervisi
meliputi WaKa dan guru senior. Kedua, pelaksanaan supervisi, supervisor
mengamati guru yang disupervisi dalam proses pembelajaran serta menyamakan
dengan instrumen supervisi. Ketiga evaluasi, dalam evaluasi ini ada dua teknik
yang digunakan yaitu teknik individual dan teknik kelompok. Keempat, tindak
lanjut yang dilakukan untuk menindaklanjuti hasil supervisi, (3) Setelah adanya
supervisi membawa perubahan pada kompetensi pedagogik meliputi: guru lebih
faham dalam membuat perangkat pembelajaran, guru lebih mudah memahami
perilaku dan karakteristik siswa, guru lebih mudah dalam menggunakan teknologi
proses pembelajaran meningkat menjadi lebih baik

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wahid Hariyanto
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Jul 2024 03:08
Last Modified: 11 Jul 2024 03:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29756

Actions (login required)

View Item View Item