Kusuma, Sofia (2024) Pembentukan Karakter Siswa melalui Pembelajaran Aqidah Akhlak di MA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
201190464_SOFIA KUSUMA_PAI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Kusuma, Sofia. 2024.PembentukanKarakter Siswa melalui Pembelajaran Aqidah Akhlak di MA Muhammadiyah 1 Ponorogo.Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Erwin Yudi Prahara, M.Ag.
Kata Kunci: Pembentukan Karakter, Aqidah Akhlak
Pendidikan adalah proses menggerakkan manusia dari ketidaktahuan menuju pencerahan, atau dari ketidaktahuan menuju pengetahuan. Salah satu mata pelajaran di madrasah yang dapat membentuk karakter religius siswa yaitu mata pelajaran Aqidah Akhlak. Adanya pembelajaran Aqidah Akhlak merupakan proses perubahan, yang melibatkan antara guru dan pesertadidik melalui interaksi yang di jalankan subtansial serta memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mempelajari dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini, guru di MA Muhammadiyah 1 Ponorogo mengimplementasikan pembelajaran Aqidah Akhlak sehingga membentuk karakter religius siswa yang bertujuan untuk menciptakan anak-anak yang beriman dan berakhlak mulia.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Implementasi dalam membentuk karakter religius siswa kelas XI melalui pembelajaran Aqidah Akhlak di MA Muhammadiyah 1 Ponorogo; (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam membentuk karakter religius siswa kelas XI melalui pembelajaran Aqidah Akhlak di MA Muhammadiyah 1 Ponorogo
Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu konsep Miles dan Huberman melalui langkah-langkah yang terdiri dari reduksidata, penyajian data dan kesimpulan.
Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Implementasi membentuk karakter religius siswa, yaitu guru mata pelajaran Aqidah Akhlak menggunakan metode dan strategi pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran sehingga materi mudah dipahami oleh peserta didik. Dalam proses pembentukan karakter religius dengan memahami dan menerapkan materi pembelajaran yang telah disampaikan guru pada kegiatan sehari-hari. (2) Faktor pendukung dalam membentuk karakter religius siswa adalah kurikulum yang mendukung pembelajaran di madrasah, proses pembelajaran yang baik di dalam maupun di luar kelas, serta sarana dan prasarana yang lengkap. Sedangkan faktor pengahambatnya adalah latar belakang siswa yang berbeda-beda.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Erwin Yudi Prahara |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 03:00 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 03:00 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29752 |
Actions (login required)
View Item |