Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Operasi Hitung Pecahan Menurut Teori Nolting Ditinjau dari Self Regulated Learning Kelas V MI As Salam.

Atiah, Ulfa Lukluk'Atul (2024) Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Operasi Hitung Pecahan Menurut Teori Nolting Ditinjau dari Self Regulated Learning Kelas V MI As Salam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Ulfa Lukluk'Atul Atiah_203200117.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penyebab peserta didik tidak mampu dalam mengerjakan suatu
permasalahan dalam matematika salah satunya ialah minimnya kemampuan untuk
memahami serta rendahnya self regulated learning dalam diri siswa. Oleh
karenanya, kemampuan dasar yang perlu dimiliki peserta didik agar mudah dalam
memecahkan dan meyelesaikan masalah yaitu dengan menanamkan kemampuan
pemahaman matematis. Untuk menanamkan kemampuan pemahaman matematis
maka perlu adanya analisa bentuk kesalahan yang dilakukan siswa agar nantinya
pendidik dapat memberikan pemahaman sesuai dengan kondisi peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguraikan bentuk kesalahan peserta
didik dalam menyelesaikan soal cerita operasi hitung pecahan menurut teori nolting
ditinjau dari self-regulated learning; (2) menguraikan perbedaan bentuk kesalahan
peserta didik dalam meyelesaikan soal cerita operasi hitung pecahan menurut teori
nolting ditinjau dari self-regulated learning; (3) menguraikan faktor apa saja yang
mempengaruhi bentuk kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal operasi
hitung pecahan menurut teori nolting ditinjau dari self-regulated learning.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus.
Teknik pengumpulan data berupa wawancara, angket, tes, observasi, dan
dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan Miles, Huberman, dan
Saldana meliputi kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil dari analisis data disimpulkan bahwa (1) bentuk
kesalahan yang dilakukan subjek berkategori tinggi 1 melakukan bentuk kesalahan
berupa careless errors, concept errors, test taking errors dan untuk berkategori
tinggi 2 tidak melakukan bentuk kesalahan. Subjek berkategori sedang 1 dan 2 tidak
sama sekali melakukan bentuk kesalahan. Subjek berkategori rendah 1 dan 2
melakukan semua bentuk kesalahan seperti misread directions errors, careless
errors, concept errors, applications errors, test taking errors. (2) perbedaan bentuk
kesalahan yang dilakukan subjek ialah, untuk subjek kategori tinggi careless errors,
concept errors, test taking errors. Subjek berkategori sedang tidak sama sekali
melakukan bentuk kesalahan. Subjek berkategori melakukan semua bentuk
kesalahan seperti misread directions errors, careless errors, concept errors,
applications errors, test taking errors. (3) Faktor adanya bentuk kesalahan ialah
minimnya pemahaman siswa mengenai maksud dan intruksi dari soal yang
diuraikan, peserta didik mengalami kesulitan menyusun strategi untuk
menyelesaikan permasalahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ulum Fatmahanik
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Jul 2024 02:48
Last Modified: 11 Jul 2024 02:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29744

Actions (login required)

View Item View Item