Metode Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penguatan Karakter Religius dan Peduli Sosial pada Siswa di MTs YPI Panjeng Ponorogo

Ayudia, Linda Nur (2024) Metode Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penguatan Karakter Religius dan Peduli Sosial pada Siswa di MTs YPI Panjeng Ponorogo. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
505220017_Linda Nur Ayudia_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keresahan masyarakat akibat kemerosotan karakter yang terjadi dikalangan generasi muda. Oleh karena itu, pendidikan mencari solusi untuk menanggulanginya yaitu dengan menginternalisasikan nilai-nilai religius dan peduli sosial pada siswa di dalam pembelajaran.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dam dokumentasi.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan metode pembelajaran yang digunakan guru Al-qur’an hadist dalam penguatan karakter religius dan peduli sosial pada siswa kelas VII di MTs YPI Panjeng Ponorogo, (2) untuk mendeskripsikan metode pembelajaran yang digunakan guru akidah akhlak dalam penguatan karakter religius dan peduli sosial pada siswa kelas VII di MTs YPI Panjeng Ponorogo, (3) untuk mendeskripsikan metode pembelajaran yang digunakan guru SKI dalam penguatan karakter religius dan peduli sosial pada siswa kelas VII di MTs YPI Panjeng Ponorogo, (4) untuk mendeskripsikan metode pembelajaran yang digunakan guru fikih dalam penguatan karakter religius dan peduli sosial pada siswa kelas VII di MTs YPI Panjeng Ponorogo.
Temuan yang diperoleh yaitu guru Pendidikan Agama Islam melakukan penguatan karakter religius dan peduli sosial pada siswa kelas VII di MTs YPI Panjeng Ponorogo melalui beberapa metode pembelajaran, Pertama, guru Al-qur’an hadist (1) metode ceramah, hal ini terbukti guru menyampaikan materi pemurah, optimis dan sabar; (2) metode keteladanan, hal ini terbukti guru datang ke sekolah tepat waktu, berpenampilan sopan, solid terhadap sesama guru; (3) metode pembiasaan, hal ini terbukti guru membiasakan siswa membersihkan ruang kelas, salam dan berdoa; (4) metode diskusi kelompok, hal ini terbukti guru menyuruh siswa untuk saling bekerja sama. Kedua, guru akidah akhlak (1) metode ceramah, hal ini terbukti guru menyampaikan materi Asma’ul Husna dan Adab Membaca Al-Qur’an dan Berdo’a; (2) metode pembiasaan, hal ini terbukti guru membiasakan salam; (3) metode hafalan, hal ini terbukti guru menyuruh siswa menghafal Asmaul Husna. Ketiga, guru SKI (1) metode ceramah, hal ini terbukti guru menyampaikan materi Dinasti Bani Umayyah; (2) metode pembiasaan, hal ini terbukti guru membiasakan mengucapkan salam dan berdoa; (3) metode diskusi kelompok, hal ini terbukti guru menyuruh siswa untuk saling bekerja sama. Keempat, guru fikih (1) metode ceramah, hal ini terbukti guru menyampaikan materi shalat Jama’ dan Qashar; (2) metode diskusi kelompok, hal ini terbukti guru menyuruh siswa untuk saling bekerja sama; (3) metode praktek, hal ini terbukti guru meminta siswa praktek satu persatu.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Evi Muafiah Basuki
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jul 2024 03:19
Last Modified: 10 Jul 2024 03:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29714

Actions (login required)

View Item View Item