..(TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG).. Manajemen Kurikulum Boarding School Dalam Meningkatkan Karakter Mandiri Dan Religius Siswa MTsN 1 Ponorogo

Ulumiyah, Ayu Khavidia (2024) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG).. Manajemen Kurikulum Boarding School Dalam Meningkatkan Karakter Mandiri Dan Religius Siswa MTsN 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Skripsi Ayu Khavidia Ulumiyah_206200070.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ulumiyah, Ayu Khavidia. 2024. Manajemen Kurikulum Boarding School dalam Meningkatkan Karakter Mandiri dan Religius Siswa MTsN 1 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Fata Asyrofi Yahya, M.Pd.I.
Kata Kunci: Manajemen Kurikulum, Boarding School, Karakter mandiri, Karakter religius.
Pendidikan karakter merupakan salah satu solusi untuk membentuk pribadi peserta didik menjadi yang lebih baik. Di era modern saat ini perkembangan teknologi berkembang sangat pesat. Kebiasaan anak yang lebih banyak bersosialisasi lewat media sosial dapat mempengaruhi perubahan karakter yang signifikan, terutama dalam karakter mandiri dan religius peserta didik yang semakin berkurang. Seperti kurangnya rasa percaya diri dan lupa akan kewajibannya untuk melakukan sholat 5 waktu. Oleh sebab itu saat ini banyak sekolah terutama yang berbasis islami berbondong-bondong mendirikan asrama dalam sekolah yang disebut dengan boarding school. Manajemen kurikulum dalam program boarding school bertujuan supaya para peserta didik mendapatkan pendidikan dengan kualitas dan kuantitas yang diatas rata-rata pendidikan dengan sistem konvensional.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) perencanaan kurikulum boarding school dalam meningkatkan karakter mandiri dan religius siswa MTsN 1 Ponorogo (2) pelaksanaan kurikulum boarding school dalam meningkatkan karakter mandiri dan religius siswa MTsN 1 Ponorogo (3) evaluasi kurikulum boarding school dalam meningkatkan karakter mandiri dan religius siswa MTsN 1 Ponorogo (4) Transformasi kurikulum boarding school dalam meningkatkan karakter mandiri dan religius siswa MTsN 1 Ponorogo
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan jenis penelitian field researd dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisa data ditemukan bahwa (1) perecanaan kurikulum boarding school melalui beberapa tahap yaitu pembentukan tim perencanaan kurikulum, menetapkan tujuan kurikulum, menentukan isi, aktivitas belajar, sumber belajar, dan evaluasi perencanaan. (2) Pelaksanaan kurikulum boarding school dilakukan sesuai perencanaan sebelumnya yang dilalui dengan beberapa tahap yaitu pengembangan program harian, mingguan, bulanan, dan tahunan; tahap pelaksanaan; tahap evaluasi yang dilakukan satu bulan sekali. (3) evaluasi dilakukan tiap akhir tahun pembelajaran meliputi beberapa tahap yaitu penetapan tujuan, pengumpulan dan analisis data, penyesuaian dan perbaikan, dan penilaian efektivitas kurikulum. (4) transformasi kurikulum boarding school dalam meningkatkan karakter mandiri dan religius telah sesuai dengan hasil yang harapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fata Asyrofi Yahya
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jul 2024 03:15
Last Modified: 10 Jul 2024 03:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29711

Actions (login required)

View Item View Item