Fathoni, Rizal (2024) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DAN LEMBAR KEASLIAN TULISAN BERMATERAI DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG).. Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII di SMPN 1 Siman Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
201190243_Rizal Fathoni_PAI.pdf Download (15MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Fathoni, Rizal. 2024. Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII di SMPN 1 Siman Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Ayunda Riska Puspita, M.A.,
Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti,
Konsep Kurikulum Merdeka di SMPN 1 Siman mendapat respon yang cukup baik. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru PAI SMPN 1 Siman, diketahui bahwa pada tahap awal penerapan Kurikulum Merdeka di SMPN 1 Siman, kepala sekolah dan waka kurikulum yang bertugas menentukan kebijakan dalam bidang pengajaran, pengajar dan para peserta didik sebagai subjek pembelajaran menyambut baik penerapan konsep Kurikulum Merdeka dengan mendukung penuh penerapan tersebut di SMPN 1 Siman.
Penelitian ini memiliki tiga tujuan. Pertama, mendeskripsikan penerapan Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMPN 1 Siman tahun pelajaran 2023/2024. Kedua, mendeskripsikan problematika penerapan Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMPN 1 Siman tahun pelajaran 2023/2024. Ketiga, mendeskripsikan faktor pendukung penerapan Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMPN 1 Siman tahun pelajaran 2023/2024.
Untuk menjawab rumusan masalah tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data pada penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Data primer berupa hasil observasi dan wawancara kepada waka kurikulum, guru PAI, dan beberapa siswa SMPN 1 Siman. Untuk data sekunder didapatkan dari sumber referensi lain seperti jurnal, buku-buku, dokumen dan foto yang berasal dari orang lain.Untuk analisis data menggunakan teknik yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman dengan tahapan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian yang didapatkan pertama, persiapan para guru SMPN 1 Siman khusunya guru PAI dan Budi Pekerti sebelum memulai kegiatan pembelajaran seperti, mengikuti pelatihan mengenai penerapan Kurikulum Merdeka, kemudian membuat modul ajar, dan melakukan persiapan yang terdiri dari tiga kegiatan, diawali dengan kegiatan pendahuluan kemudian kegiatan inti dan penutup, ditambah dengan adanya projek P5. Kedua, problematika yang terjadi dalam penerapan Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMPN 1 Siman yaitu mindset pendidik yang harus diubah menjadi lebih baik, kurangnya kesadaran dari peserta didik, dan banyaknya administrasi yang harus dijalani guru. Ketiga, faktor pendukung dalam penerapan Kurikulum Merdeka di SMPN 1 Siman seperti sarana dan prasarana yang sudah memadai, adanya pelatihan Kurikulum Merdeka, bekal dari peran sekolah penggerak, kepemimpinan kepala sekolah dan peran guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Ayunda Riska Puspita |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 03:13 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 03:13 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29709 |
Actions (login required)
View Item |