..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG).. Manajemen Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Kasus di Sman 1 Balong Ponorogo)

Karisma Utami, Amalia (2024) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG).. Manajemen Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Kasus di Sman 1 Balong Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

WarningThere is a more recent version of this item available.
[img]
Preview
Text
THESIS AMALIA KARISMA UTAMI_123325.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Rendahnya mutu pendidikan yang disebabkan oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin canggih, sehingga dibutuhkan SDM dilingkup sekolah yang berkualitas. Supervisi hadir sebagai kegiatan yang dimulai dari perencanaan sampai dengan evaluasi. Dalam hal ini, guru merupakan faktor utama dalam meningkatkan dunia pendidikan, sebab tanpa adanya guru tujuan pendidikan tidak akan tercapai.
Penelitian ini bertujuan untuk; (1) Mengetahui dan menganalisis perencanaan supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru; (2) Mengetahui dan menganalisis pelaksanaan supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru dan (3) Mengetahui dan menganalisis evaluasi supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMA Negeri 1 Balong
Menjawab permasalahan diatas, penelitian ini dilakukan menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dilakukan di SMAN 1 Balong, dengan sumber data dari Kepala Sekolah, Waka Kurikulum dan Guru SMAN 1 Balong. Sedangkan pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Selain itu untuk keabsahan data digunakan pengamatan yang tekun serta triangulasi sumber.
Berdasarkan analisis data di temukan bahwa; (1) Perencanaan supervisi Kepala Sekolah untuk meningkatkan kinerja guru di SMAN 1 Balong diawali dengan membentuk tim supervisi dan menentukan waktu diadakannya supervisi, teknik dan model yang digunakan, serta instrumen.;(2) Pelaksanaan supervisi Kepala Sekolah untuk meningkatkan kinerja guru di SMAN 1 Balong dimulai dengan rapat dinas di awal semester untuk menyampaikan agenda supervisi, tim supervisi, jadwal supervisi, dan jadwal guru yang disupervisi. Kemudian koordinasi dengan tim supervisi untuk melakukan pelaksanaan supervisi. Supervisi dilakukan dengan menggunakan metode kunjungan kelas, maka kepala sekolah akan mendatangi guru yang akan disupervisi dikelas sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan;(3) Evaluasi supervisi kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru di SMAN 1 Balong, Kepala Sekolah bekerja sama dengan Waka Kurikulum yang diadakan setelah pelaksanaan supervisi selesai dengan tujuan meningkatkan kinerja guru di SMA Negeri 1 Balong. Ada beberapa kegiatan evaluasi yang dilakukan baik untuk menunjang kemajuan dan perkembangan, seperti memberikan pembinaan secara langsung, kepala sekolah memberikan evaluasi berupa pembinaan dan saran kepada guru ketika dirasa metode pembelajaran kurang baik secara langsung saat itu juga, maupun memberikan pembinaan secara tidak langsung berupa mendiskusikan hasil supervisi dengan guru yang sudah disupervisi, menugaskan guru untuk mengikuti diklat, pembinaan, atau kegiatan lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jul 2024 02:57
Last Modified: 10 Jul 2024 02:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29694

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item