Arsyalita, Inna (2024) Penerapan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III MI Mukhtarul Ulum Sumberejo Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
INNA ARSYALITA_203190248_PGMI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya nilai hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam materi unsur-unsur intrinsik pada cerpen kelas III MI Mukhtarul Ulum Sumberejo. Hal tersebut disebabkan kebanyakan siswa hanya mengandalkan temannya yang dianggap mampu dalam pelajaran tersebut. Hal ini perlu adanya tindakan dalam proses pembelajaran yaitu dengan menerapkan model discovery learning dalam pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III.
Tujuan penelitian ini , adalah (1) menjelaskan penerapan model discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia (materi unsur-unsur intrinsik dalam cerpen) siswa kelas III MI Mukhtarul Ulum Sumberejo Madiun dan. (2) Menjelaskan peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia (materi unsur intrinsik dalam cerpen) siswa kelas III MI Mukhtarul Ulum Sumberejo Madiun setelah menerapkan model discovery learning. Hal ini akan diteliti dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas.
Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan siklus I dan siklus II, yang di dalamnya terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi serta teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di dalam kelas III, yang dilaksanakan di dalam kelas. Siswa kelas III berjumlah 23 siswa yang terdiri dari 13 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki.
Dalam proses penerapan model discovery learning pada siklus I terdapat kegiatan yang belum sepenuhnya terlaksana secara efektif dengan presentase nilai 50% yang belum efektif dan 50% yang sudah efektif. Hal ini terjadi karena siswa belum sepenuhnya terbiasa dengan penerapan model discovery learning, sehingga siswa masih bingung. Pada siklus II terjadi peningkatan dengan presentase 90% yang sudah efektif dan 10% yang belum efektif. Kedua hasil belajar mengalami peningkatan persiklusnya, hal ini dapat dibuktikan dari hasil penelitian pada tahap pra penelitian terhadap nilai rata-rata 68,2 dengan presentase tuntas 47,8% dan 52% kategori tidak tuntas. Pada siklus I mengalami peningkatan mencapai nilai rata-rata 69 dengan kategori presentase 61% mengalami ketuntasan dan 39% belum mencapai ketuntasan. Pada siklus II terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata 86,5 dengan presentase 100% kategori tuntas dan 0% kategori tidak tuntas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Ayunda Riska Puspita |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 05:55 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 05:55 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29682 |
Actions (login required)
View Item |