Penerapan Model Number Head Together melalui Media Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V MIN 2 Ponorogo

Kurniawati, Erlita (2024) Penerapan Model Number Head Together melalui Media Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V MIN 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ERLITA KURNIAWATI_203190233_PGMI_ETHESES.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan analisis siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di MIN 2 Ponorogo. Hal ini disebabkan karena kurangnya keterlibatan siswa dalam belajar, kurangnya variasi model dan media pembelajaran yang diterapkan. Pembelajaran dengan menggunakan model NHT melalui media gambar yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan analisis siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran model NHT melalui media gambar dalam meningkatkan kemampuan analisis siswa pada mata pelajaran IPA kelas V MIN 2 Ponorogo dan (2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan analisis siswa setelah diterapkan model NHT melalui media gambar pada mata pelajaran IPA kelas V MIN 2 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model PTK Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek yang diteliti siswa kelas VA MIN 2 Ponorogo yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi.
Berdasarkaan hasil analisis ditemukan bahwa (1) Keterlaksanaan model NHT pada siklus I perolehan persentase skor aktivitas guru 83,15% dengan kategori baik. Sedangkan perolehan persentase skor aktivitas siswa 74,26% dengan kategori baik. kemudian terjadi peningkatan pada siklus II perolehan persentase skor aktivitas guru 91,57% dengan kategori sangat baik. Sedangkan perolehan persentase skor siswa 87,65% dengan kategori sangat baik. (2) Kemampuan analisis siswa mengalami peningkatan setiap siklusnya, hal ini dapat dibuktikan dari hasil nilai ketuntasan klasikal pada nilai pre-test memperoleh persentase nilai 13%. Pada siklus I kemampuan analisis siswa meningkat dengan nilai post-test memperoleh persentase 35%. Pada siklus II terjadi peningkatan yang sangat signifikan dengan nilai post-test memperoleh persentase 96%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Restu Yulia Hidayatul Umah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jul 2024 05:54
Last Modified: 09 Jul 2024 05:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29680

Actions (login required)

View Item View Item