Pengembangan Media Animasi dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis

Awaliya, Ruli (2024) Pengembangan Media Animasi dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ethesis RULI AWALIYA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Awaliya, Ruli. 2024. Pengembangan Media Animasi dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMR)I Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institute Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing : Sofwan Hadi, M.Si.

Kata Kunci: Pengembangan Media, Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia, Pemahaman Matematis.

Matematika merupakan ilmu yang memiliki peranan penting dalam perkembangan ilmu dan teknologi. Meskipun memiliki kedudukan yang penting, namun fakta di lapangan pembelajaran matematika masih banyak kendala. Seperti halnya yang terdapat pada pelajaran matematika kelas III MIN 7 Magetan, ada beberapa kendala yang dihadapi saat melaksanakan pembelajaran khususnya pada materi mengenal sudut. Sebagian besar siswa kesulitan dalam mengerjakan soal yang berhubungan dengan sudut, siwa kurang memahami materi sudut ketika sudut diletakkan dalam posisi yang berbeda, siswa lebih cepat lupa materi karena pemahaman matematis yang kurang. Selain itu, penggunaan media maupun alat peraga juga kurang optimal. Penyebabnya masih banyak kegiatan pembelajaran matematika yang masih menggunakan model konvensional, dimana kurang efektif dalam kegiatan pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menghasilkan produk media animasi dengan pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI) berbasis aplikasi canva untuk meningkatkan pemhaman matematis 2) Mengetahui apakah ada perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan media animasi dengan pendekatan PMRI.
Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) yang meliputi tahap ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penentuan tingkat kelayakan media animasi dengan pendekatan PMRI berdasarkan uji validasi ahli media, ahli materi dan diterapkan pada kelas III MIN 7 Magetan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan tes/soal. Pengujian menggunakan uji paired sample t-test pada subjek uji coba kelas III dengan responden 21 siswa.
Hasil penelitian ini berupa produk pengembangan media animasi dengan pendekatan PMRI berbasis aplikasi canva untuk meningkatkan pemahaman matematis. Pemahaman matematis sebelum menggunakan media (pre tes) dan sesudah menggunakan media (post tes) diperoleh nilai perbandingannya sebesar 43 dan 80,7 yang artinya pemahaman matematis siswa meningkat 37,7%. Sehingga terdapat perbedaan pemahaman matematis siswa sebelum dan sesudah digunakannya media animasi dengan pendekatan PMRI. Jadi, media animasi dengan pendekatan PMRI dapat meningkatkan pemahaman matematis siswa kelas III MIN 7 Magetan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sofwan Hadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:24
Last Modified: 09 Jul 2024 02:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29666

Actions (login required)

View Item View Item