Komparasi Kemampuan Penalaran Matematis Berdasarkan Model Pembelajaran Kontekstual Pada Siswa Kelas IV MI Ma'arif Asalam Sooko Tahun Ajaran 2023/2024

Alvionita, Mike (2024) Komparasi Kemampuan Penalaran Matematis Berdasarkan Model Pembelajaran Kontekstual Pada Siswa Kelas IV MI Ma'arif Asalam Sooko Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi_203200196_Mike Alvionita_PGMI_ etheses.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Alvionita, Mike. 2024. Komparasi Kemampuan Penalaran Matematis Berdasarkan Model Pembelajaran Kontekstual pada Siswa Kelas IV di MI Ma’arif As-Salam Sooko Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Kurnia Hidayati, M.Pd.
Kata Kunci: Penalaran, Pembelajaran Kontekstual, Matematika
Pembelajaran matematika sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya berguna untuk menumbuhkembangkan kemampuan penalaran siswa. Namun, tidak dapat dipungkiri masih banyak kendala yang dialami siswa dalam memahami konsep matematika. Salah satu penyebabnya masih banyak kegiatan pembelajaran matematika yang menggunakan model konvensional yang kurang efektif diterapkan. Berdasarkan penelitian terdahulu salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual atau Contextual Teaching and Learning. Model pembelajaran ini dapat menumbuhkan keaktifan belajar dan mengembangkan pikiran siswa sehingga akan berpengaruh pada dalam kemampuan penalaran matematis siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa dengan model pembelajaran kontekstual pada kelas IV di MI Ma’arif As-Salam Sooko. (2) mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa dengan model pembelajaran konvensional pada kelas IV di MI Ma’arif As-Salam Sooko. (3) mengetahui adanya perbedaan kemampuan penalaran matematis dengan model pembelajaran kontekstual dan konvensional pada siswa kelas IV di MI Ma’arif As-Salam Sooko
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Pengambilan data dilakukan melalui kegiatan pretest dan posttest. Sampel pada penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Subjek penelitian ini yaitu kelas IV A sebagai kelas kontrol dan kelas IV B sebagai kelas eksperimen. Data penelitian diolah dan dilakukan dengan uji hipotesis berupa uji Independent t tes.
Hasil penelitian ini yaitu: (1) kemampuan penalaran matematis siswa dengan model pembelajaran kontekstual memperoleh nilai dengan kategori tinggi 18,3%, sedang 59% dan rendah 22,7%. (2) kemampuan penalaran matematis siswa dengan model pembelajaran konvensional memperoleh nilai tinggi 54,5%, sedang 32% dan rendah 13,5%. (3) pada uji hipotesis meggunakan uji independent t test didapati adanya perbedaan yang cukup signifikan antara kemampuan penalaran matematiss dengan model pembelajaran kontekstual dan model konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kurnia Hidayati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jul 2024 04:11
Last Modified: 08 Jul 2024 04:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29660

Actions (login required)

View Item View Item