Nugroho, Septian Tri Cahyo (2024) Manajemen Budaya Organisasi dalam Meningkatkan Kinerja Guru dan Karyawan di SMK Kesehatan Bina Karya Medika Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI 206200041 SEPTIAN TRI CAHYO NUGROHO.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Nugroho, Septian Tri Cahyo. 2024. Manajemen Budaya Organisasi dalam Meningkatkan Kinerja Guru dan Karyawan di SMK Kesehatan Bina Karya Medika Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dian Pratiwi, M.M.
Kata kunci: Manajemen, budaya organisasi, kinerja.
Lembaga Pendidikan adalah suatu organisasi yang di dalamnya memiliki budaya organisasi yang disesuaikan dengan visi misi, dan tujuan organisasinya. budaya oraganisasi merupakan sistem makna bersama terhadap nilai-nilai primer yang dianut bersama dan dihargai oleh organisasi, berfungsi menciptakan perbedaan yang jelas antara satu organisasi dengan organisasi lainnya, dan menciptakan serta meningkatkan kemantapan sistem sosial. Untuk menghasilkan tujuan yang dinginkan, terdapat beberapa program budaya organisasi yang dibuat untuk saling berkesinambungan guna membentuk prilaku yang diinginkan oleh organisasi. Maka dari itu organisasi secara terus menerus harus mengupgrade dirinya menjadi lembaga yang dibutuhkan oleh konsumen agar tetap bertahan ditengah-tengah perkembangan arus globalisasi dan teknologi seperti saat ini.
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui dan menganalisis program perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi 10 budaya malu guru dan karyawan di SMK Kesehatan Bina Karya Medika Ponorogo dalam program “10 budaya malu guru & karyawan”. Program ini telah dilaksanakan dua tahun oleh sekolah dan baru disadari nilai pembaharuanya dalam meningkatkan kinerja guru dan karyawan di lembaga Pendidikan.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data wawancara yaitu kepala sekolah, guru dan karyawan SMK Kesehatan Bina Karya Medika Ponorogo. Adapun teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan proses manajemen program 10 budaya malu guru & karyawan telah sesuai dengan yang dikemukakan oleh ismail sholihin yang terperinci dalam tiga tahapan fungsi manajemen yaitu (1) Perencanaan, sekolah mengidentifikasi dan menetapkan tujuan program terlebih dahulu, kemudian merumuskan solusi berupa kegiatan secara jelas dan tegas (2) Pelaksanaan, sekolah melaksanakan program secara langsung, baik dari sosialisasi hingga penempelan poster-poster 10 budaya malu di dinding sekolah, dan (3) Evaluasi, sekolah melakukan evaluasi secara langsung dengan pemberian teguran oleh kepala sekolah maupun wakil kepala sekolah, diambil dari data absensi yang ditinjau dalam kurun waktu satu bulan sekali, kemudian laporan evaluasi dimasukkan dalam e-kinerja di aspek kedisiplinan guru dan karyawan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Dian Pratiwi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 04:03 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 04:03 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29648 |
Actions (login required)
View Item |