Implementasi Model Pembelajaran Think Pair and Share dengan Menggunakan Power Point dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V di MI Ma’arif Setono.

sa'diyah, za'imatus (2024) Implementasi Model Pembelajaran Think Pair and Share dengan Menggunakan Power Point dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V di MI Ma’arif Setono. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
thesis.01.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sa’diyah, Za’imatus. 2024. implementasi penerapan model pembelajaran think pair and share menggunakan power point pelajaran matematika di Mi Ma’arif Setono Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo. Pembimbing, M. Fathurahman M. Pd.
Kata Kunci : Metode Think Pair Share, Pembelajaran Matematika
Dalam pelaksanaan kurikulum 2013 di mi ma’arif setono, proses pembelajaran yang dilakukan setiap hari yaitu menggunakan buku lks matematika. Penilaian pembelajaran Matematika bukan hanya penilaian pengetahuan saja melainkan penilaian sikap sosial dan kreatif siswa. Untuk dapat menilai tiga aspek tersebut guru tidak cukup jika hanya menggunakan metode pembelajaran yang biasa misalnya metode ceramah, guru harus menerapkan metode pembelajaran yang bisa digunakan untuk menilai tiga aspek tersebut misalnya metode pembelajaran think pair And share karena metode pembelajaran ini pembelajaran akan berpusat kepada siswa (student center).
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dalam bentuk uraian, dan pengambilan kesimpulan berdasarkan data yang telah disajikan. Dari hasil penelitian, langkah pembelajaran metode think pair And share meliputi persiapan, inti, dan penutup. Penerapan metode ini juga dapat meningkatkan pemahaman siswa yang dibuktikan dengan kemampuan siswa saat presentasi hasil diskusi di depan kelas.
Hasil penelitian menunjukkan (1) dalam penerapan metode pembelajaran think pair And share bagi siswa kelas V di Smi ma’arif setono, guru membagi kelas menjadi empat kelompok yang terdiri dari empat sampai lima orang. Setiap kelompok disajikan masalah yang harus didiskusikan dengan teman satu kelompoknya. Jika hasil diskusi sudah ada maka mereka menunjuk salah satu anggota untuk mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas dengan percaya diri, pada saat yang bersamaan siswa dari kelompok lain boleh menanggapi atau bertanya. Dalam penerapan metode pembelajaran think pair And share ini pembelajaran akan berpusat kepada siswa sehingga siswa diharapkan aktif dalam kelompok.
(2) Siswa merasa lebih mudah memahami materi pelajaran jika temannya sendiri yang presentasi atau menjelaskan karena siswa cenderung member contoh berdasarkan apa yang dialaminya sehari-hari dan juga menyebutkan contoh-contoh yang ada di sekitar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. FATHURAHMAN
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jul 2024 03:57
Last Modified: 08 Jul 2024 03:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29645

Actions (login required)

View Item View Item