..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETEHSIS, UPLOAD ULANG).. IDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEPTUAL DALAM KEGIATAN JOYFULL LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPAS TAHUN AJARAN 2023/2024 DI KELAS 5 SDN 1 KALISAT BUNGKAL

Afida, Prisa Nor (2024) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETEHSIS, UPLOAD ULANG).. IDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEPTUAL DALAM KEGIATAN JOYFULL LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPAS TAHUN AJARAN 2023/2024 DI KELAS 5 SDN 1 KALISAT BUNGKAL. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
ETHESIS 203200223 PRISA NOR AFIDA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

IPAS merupakan salah satu capaian pembelajaran kumer oleh BSKP, disebutkan bahwa mata pelajaran IPAS membantu peserta didik dalam meningkatkan kesadaran dan rasa ingin tahu tentang fenomena alam dan sosial yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Dengan memperoleh pengetahuan dan pemahaman, peserta didik dapat mengenali beragam masalah dan secara efektif menawarkan Solusi. Kunci keberhasilan dari kegiatan pembelajran ditentukan oleh guru sebagai pengelola kegiatan pembelajaran. Guru harus menunjukkan keaktifan apabila orientasi pembelajaran berpusat pada siswa, sehingga mampu mempercepat pemahaman siswa terhadap suatu konsep materi pelajaran. Perhatian siswa akan berpusat jika pembelajarannya menarik seperti halnya menerapkan metode pembelajaran Joyfull Learning.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep siswa kelas 5 SDN 1 Kalisat menggunakan kegiatan pembelajaran Joyfull Laerning siswa mampu memahami secara konseptual materi IPAS dengan indikator menafsirkan, memberi contoh, menarik inferensi dan juga membandingkan.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Kalisat Kecamatan Bungkal yang dilakukan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan tekhnik analisisnya meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verivikasi. Sehingga dalam kegiatan yang menyenangkan mampu membuat pemahaman konsepnya bertambah dan bisa mengungkapkan argumennya sesuai pengalaman yang dialaminya.
Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah 4 butir soal uarian yang dilanjutkan tes dan wawancara kepada 5 siswa kelas V dengan mata pelajran IPAS materi pertumbuhan manusia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemahamn konsep siswa dianggap bagus karena setiap soal mampu memberikan alasan jawaban meskipun tidak ditulis secara lengkap dalam tes tulis, namun dapat menjawab ketika wawancara.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: WENI TRIA ANUGRAH PUTRI
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jul 2024 02:55
Last Modified: 04 Jul 2024 02:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29619

Actions (login required)

View Item View Item