Penerapan Model Pembelajaran SQ3R dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Memahami Isi Bacaan Cerpen di Kelas V SDN III Tumpakpelem

Basuki, Agus Priyo (2024) Penerapan Model Pembelajaran SQ3R dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Memahami Isi Bacaan Cerpen di Kelas V SDN III Tumpakpelem. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
WATERMARK SKRIPSI AGUS PRIYO BASUKI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Basuki, Agus Priyo. 2024. Penerapan Model Pembelajaran SQ3R dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Memahami Isi Bacaan Cerpen di Kelas V SDN III Tumpakpelem. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Tintin Susilowati, M.Pd.
Kata Kunci : Model Pembelajaran SQ3R, Peningkatan, Pemahaman, Cerpen
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan siswa di kelas V SDN III Tumpakpelem Ponorogo mengalami kesulitan dalam memahami isi bacaan cerpen yang disebabkan oleh berbagai faktor. Beberapa faktor di antaranya, guru memiliki kecenderungan menggunakan metode pembelajaran konvensional dan belum menggunakan media pembelajaran yang mampu menarik bagi siswa sehingga siswa cenderung pasif karena kurang dilibatkan dan hanya menerima apa yang disampaikan guru. Maka dari itu, dengan adanya persoalan ini maka perlu diperbaiki diantaranya dengan menerapkan model pembelajaran SQ3R yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan memahami isi bacaan cerpen siswa.
Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini mempunyai dua tujuan yaitu untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran SQ3R dapat meningkatkan kemampuan memahami isi cerpen siswa di kelas V SDN III Tumpakpelem Ponorogo, dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan memahami isi bacaan cerpen dengan menggunakan metode SQ3R di SDN III Tumpakpelem.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SDN III Tumpakpelem Ponorogo. Adapun jumlah siswanya adalah 12 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran model SQ3R siswa kelas V SDN III Tumpakpelem berjalan dengan baik. Siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. perhatian dan motivasi siswa lebih meningkat. Nilai persentase ketuntasan klasikal yang dicapai pada pra tindakan yaitu 33,33% (tidak tuntas), kemudian mengalami peningkatan pada siklus I dengan perolehan nilai persentase sebesar 58,3% (tidak tuntas). Selanjutnya pada siklus II persentase klasikal yang diperoleh yaitu sebesar 83,3% dengan kategori tuntas. Kesimpulannya penerapan model pembelajaran SQ3R dapat meningkatkan kemampuan memahami isi bacaan cerpen siswa kelas V SDN III Tumpakpelem karena model SQ3R ini dapat mempermudah siswa dalam memahami isi bacaan cerpen.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Tintin Susilowati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jul 2024 02:43
Last Modified: 04 Jul 2024 02:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29610

Actions (login required)

View Item View Item