Masruroh, Ayu (2024) Kesiapan Guru IPS dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di Kelas VII SMP Negeri 1 Jetis. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
208200054 AYU MASRUROH TADRIS IPS .pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Masruroh, Ayu. 2024. Kesiapan Guru Ips Dalam Mengimplementasikan
Kurikulum Merdeka Di Kelas VII SMP Negeri 1 Jetis. Skripsi. Jurusan
Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan,
Institute Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Khoirun Nikmah,
M.Hum.
Kata Kunci: Kesiapan, Guru, IPS, Implementasi, Kurikulum Merdeka
Pergantian kurikulum 13 menjadi kurikulum merdeka di tahun 2022 menjadi
sebuah perubahan baru di dunia pendidikan. Dengan perubahan tersebut tentunya
mempengaruhi berbagai aspek pembelajaran baik bagi guru maupun siswa, di SMP
Negeri 1 Jetis sebagai salah satu sekolah rujukan yang menerima siswa dengan
kebutuhan khusus menjadi suatu hal menarik untuk diteliti. Pada pembelajaran IPS
yang memiliki banyak pembahasan materi di dalamnya, menjadikan peneliti ingin
mengetahui bagaimana kesiapan guru dalam mempersiapkan implementasi
kurikulum merdeka pada pelajaran IPS di kelas VII SMP Negeri 1 Jetis.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kesiapan guru
IPS dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di kelas VII SMP Negeri 1
Jetis, faktor yang menjadi pendukung dan penghambatnya.
Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode
kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan
wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis
dengan menggunakan analisa Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini dapat disimpulkan pertama kesiapan
guru IPS kelas VII di SMP Negeri 1 Jetis dalam mengimplementasikan kurikulum
merdeka dimulai dari perencanaan yang mencangkup perencanaan pembelajaran
berdiferensiasi, perencanaan kegiatan P5, dan perencanaan penilaian berupa
assesmen. Kemudian pada pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang mencangkup
pelaksanaan dari kegiatan belajar berdiferensiasi, P5, dan assesmen. Kedua faktor
pendukung guru IPS kelas VII di SMP Negeri 1 Jetis dalam mengimplementasikan
pembelajaran berbasis kurikulum merdeka sebagai berikut: a) sarana dan prasarana
yang mendukung, b) lingkungan kerja yang mendukung, c) motivasi guru untuk
terus belajar mengikuti perkembangan dunia pendidikan. Ketiga faktor penghambat
guru IPS kelas VII di SMP Negeri 1 Jetis dalam mengimplementasikan
pembelajaran berbasis kurikulum merdeka sebagai berikut: a) kondisi siswa yang
berbeda, hal ini dikarenakan SMP Negeri 1 Jetis merupakan salah satu sekolah
rujukan bagi siswa dengan kebutuhan khusus, b) adanya materi belajar yang
terputus-putus, c) administrasi dan tugas tambahan guru yang diberikan oleh
sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Khoirun Nikmah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 04 Jul 2024 02:42 |
Last Modified: | 04 Jul 2024 02:42 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29608 |
Actions (login required)
View Item |