Nurhayanti, Rizha (2024) Upaya Guru IPS dalam Menangani Perilaku Agresif Verbal Peserta Didik di SMPN 6 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI RIZHA NURHAYANTI (208200085).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Nurhayanti, Rizha. 2024. Upaya Guru IPS dalam Menangani Perilaku Agresif Verbal Peserta Didik di SMPN 6 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Khoirun Nikmah, S.Pd., M.Hum.
Kata Kunci: Upaya Guru, Ilmu Pengetahuan Sosial, Agresif Verbal
Guru adalah seorang yang bertanggung jawab dalam membentuk dan membangun kepribadian peserta didik. Salah satu tantangan yang dihadapi guru IPS adalah menangani berbagai macam perilaku peserta didik seperti perilaku agresif verbal yang dapat membuat kegiatan belajar mengajar menjadi kurang kondusif. Upaya guru dalam menangani sebuah permasalahan sangat diperlukan karena guru menjadi agen utama dalam proses pembelajaran yang mempunyai tanggung jawab tidak hanya untuk mentransfer pengetahuan akademis, akan tetapi juga untuk membimbing dan membenarkan perilaku peserta didik. Perilaku agresif verbal ini sering dilakukan oleh peserta didik baik jenjang TK, SD, SMP, dan SMA. Bergitu juga di SMPN 6 Ponorogo yang peserta didiknya ada yang berperilaku agresif verbal. Seorang guru IPS mengupayakan agar dapat menyelesaikan permasalahan tersebut agar kegiatan pembelajaran berjalan nyaman.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan upaya guru IPS dalam menangani perilaku agresif verbal peserta didik di SMPN 6 Ponorogo, (2) mengetahui kendala guru IPS dalam menangani perilaku agresif verbal peserta didik di SMPN 6 Ponorogo, (3) mengetahui solusi guru IPS dalam menangani kendala perilaku agresif verbal peserta didik di SMPN 6 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengambilan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus. Data dalam penelitian kualitatif adalah kata-kata dan tindakan, sedangkan sumber datanya adalah guru IPS dan peserta didik SMPN 6 Ponorogo. Metode yang dilakukan dalam pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Penelitian ini memperoleh hasil yaitu: (1) upaya yang dilakukan guru IPS dalam menangani perilaku agresif verbal adalah dengan menggunakan metode pembelajaran permainan peta interaktif, reenactment dan role-playing, diskusi kelompok dan studi kasus, dan simulasi pasar dalam berbgai mata pelajaran. (2) Kendala yang dialami guru IPS dalam menangani perilaku agresif verbal di SMPN 6 Ponorogo adalah peserta didik yang sulit dikendalikan, karakter peserta didik yang sulit diubah, dan adanya faktor lingkungan dan keluarga diluar kendali guru. (3) Solusi yang diberikan guru IPS dalam menangani kendala perilaku agresif verbal di SMPN 6 Ponorogo adalah menggunakan strategi komunikasi efektif, membangun lingkungan kelas yang positif, menanamkan pemahaman yang berbau rohani, memberikan motovasi, dan membuat kontrak sebelum kegiatan pembelajaran dimulai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Khoirun Nikmah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 03 Jul 2024 07:34 |
Last Modified: | 03 Jul 2024 07:34 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29599 |
Actions (login required)
View Item |