Pradana, Bayu Adi (2024) Strategi Guru dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar IPS Siswa Kelas IX SMPN 2 Jetis Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
208190044_Bayu Adi Pradana_TIPS.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pradana, Bayu Adi. 2024. Strategi Guru dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar IPS Siswa
Kelas IX SMPN 2 Jetis Ponorogo. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan
Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri
Ponorogo. Pembimbing: Siti Zazak Soraya, M.Ed.
Kata Kunci: Strategi Guru, Konsentrasi Belajar, IPS
Pendidikan mempunyai peran yang sangat strategis dalam meningkatkan kualitas sumber
daya manusia. Seorang guru yang profesional diharapkan mampu menunjukkan
kemampuannya di kelas. Salah satu kemampuan yang harus dimiliki adalah kemampuan
mengkomunikasikan pembelajaran kepada siswanya. Oleh sebab itu, dalam suatu proses
pembelajaran tentu perlu adanya konsentrasi dalam belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam meningkatkan
konsentrasi belajar IPS siswa IPS kelas IX di SMPN 2 Jetis Ponorogo dan mendeskripsikan
faktor pendukung dan penghambat guru dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa IPS
siswa kelas IX di SMPN 2 Jetis Ponorogo
Adapun penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif studi kasus, adapun teknik
pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang
digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisisnya meliputi pengumpulan data,
kondensasi, penyajian data, yang mencakup kata-kata dan kalimat informasi narasumber dan
tindakan dari objek penelitian dengan berjumlah enam partisipan, dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian tersebut ditemukan beberapa strategi guru dalam meningkatkan
konsentrasi belajar IPS: 1) Strategi guru dalam meningkatkan konsentrasi belajar IPS siswa
kelas IX SMPN 2 Jetis, dalam pelaksanaanya menggunakan: a) Strategi pembelajaran
ekspositori, dengan menggabungkan metode ceramah dan memberikan kuis-kuis terkait materi.
Terdapat lima tahapan umum dalam penerapan strategi ekspositori: persiapan, penyajian,
korelasi, menyimpulan, mengaplikasikan. b) Strategi pembelajaran kooperatif, dalam strategi
ini guru IPS menggunakan model pembelajaran group to group, guru memberikan tugas
berbeda kepada kelompok yang berbeda. Kelompok yang sudah menyelesaikan tugasnya
masing-masing kemudian menyampaikan hasil dari kelompoknya. 2) Faktor pendukung dan
penghambat strategi guru dalam meningkatkan konsentrasi belajar IPS siswa kelas IX SMPN 2
Jetis. Faktor pendukungnya antara lain: a) Faktor jasmani, b) Faktor peran kepala sekolah, c)
Faktor kecakapan dan keahlian guru, d) Faktor sarana dan prasarana. Sedangkan untuk faktor
penghambatnya, untuk faktor internalnya yakni faktor yang datang dari dalam diri sendiri
seperti: ketika memasuki jam pelajaran siang siswa banyak yang mengantuk, ketika proses
belajar mengajar ada siswa yang gaduh, kurangnya minat belajar dan motivasi belajar.
Sedangkan faktor eksternalnya yakni faktor lingkungan, pergaulan di rumah, dan kebisingan
yang menyebabkan siswa kurang bisa berkonsentrasi ketika pembelajaran di kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Siti Zazak Soraya |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 03 Jul 2024 02:03 |
Last Modified: | 03 Jul 2024 02:03 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29591 |
Actions (login required)
View Item |