Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di SMPN 1 Siman Ponorogo

Afif, Masruhan Khoirul (2024) Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di SMPN 1 Siman Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi 208200074 Masruhan Khoirul Afif.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya program penerapan pembelajaran berdiferensiasi yaitu pembelajaran dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran IPS yang dilaksanakan di SMPN 1 Siman Ponorogo. Selain itu, juga dilatarbelakangi oleh keberhasilan dengan adanya penerapan pembelajaran ini mampu meningkatkan minat dan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPS. Bagaimana desain pembelajarannya, bagaimana pelaksanaannya, dan bagaimana hasil dari penerapan pembelajaran berdiferensiasi tersebut. Dengan dasar itulah yang mendorong penulis melakukan penelitian tentang implementasi pembelajaran berdiferensiasi di SMPN 1 Siman Ponorogo dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran IPS.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bagaimana desain pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum Merdeka pada mata pelajaran IPS di SMPN 1 Siman Ponorogo, (2) bagaimana pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum Merdeka pada mata pelajaran IPS di SMPN 1 Siman Ponorogo, (3) bagaimana minat dan hasil belajar dari pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum Merdeka pada mata pelajaran IPS di SMPN 1 Siman Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus deskriptif, pengambilan datanya diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi yang dilaksanakan selama 6 bulan tepatnya bulan oktober hingga maret. Kemudian data tersebut di analisis dengan cara kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan teknik ini menggunakan tekniknya Miles, Huberman, and Saldana. Adapun hasil penelitian ini adalah: pembelajaran berdiferensiasi merupakan pembelajaran yang bertitik fokus pada kebutuhan dan minat siswa. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menumbuhkan minat belajar dan meningkatkan hasil pemahaman siswa SMPN 1 Siman Ponorogo, siswa berperan aktif dalam pelaksanaan kegiatan ini.
Adapun pelaksanaannya yaitu diawali dengan tahap pengenalan, kemudian penyampaian tujuan dari kegiatan tersebut, dilanjutkan dengan tahap pengajaran, dan yang terakhir yaitu tahap evaluasi. (1) dalam proses menyusun desain pembelajaran SMPN 1 Siman menggunakan cara survei gaya belajar dan simulasi pembelajaran (2) tahap pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi terdapat tiga tahap yakni tahap pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Pada penerapannya terdapat 3 model gaya belajar yakni visual, auditori, dan kinestetik. (3) hasil dari pembelajaran berdiferensiasi yang diterapkan di SMPN 1 Siman diukur melalui tiga tahap penilaian yakni, penilaian diagnosis, penilaian formatif, dan penilaian sumatif. Dari ketiga penilaian tersebut siswa mampu mencapai target pemahaman sesuai gaya belajar masing-masing.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Rahman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jul 2024 02:04
Last Modified: 03 Jul 2024 02:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29589

Actions (login required)

View Item View Item