Datul Nur 'Aini, Wahyu Majid (2024) Analisis kemampuan Literasi Matematis Dalam Memecahkan Masalah Kontekstual Ditinjau dari Self Confidence Siswa Kelas V MI Nurul Huda Kwangsen. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
203200251_WAHYU MAJID DATUL NUR 'AINI_PGMI.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Nur ‘Aini, Wahyu Majid Datul. 2024. Analisis Kemampuan Literasi Matematis
Dalam Memecahkan Masalah Kontekstual Ditinjau Dari Self Confidence Siswa Kelas V MI Nurul Huda Kwangsen. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Ulum Fatmahanik, M.Pd.
Kata Kunci : Kemampuan Literasi Matematis, Masalah Kontekstual, Self
Confidence
Kemampuan literasi matematis sangat penting dalam membantu individu untuk memahami dan menggunakan matemtika, serta memecahkan masalah kontekstual sehari-hari sesuai dengan konsep, fakta, dan prosedur matematika. Kemampuan literasi matematis siswa di MI Nurul Huda Kwangsen dipengaruhi oleh factor dari self confidence siswa pada saat memecahkan masalah kontekstual berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. sehingga penelitian ini akan dikaji tentang kemampuan literasi matematis dilihat dari self confidence siswa
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis dalam memecahkan masalah kontekstual ditinjau dari self confidence siswa kelas V MI Nurul Huda Kwangsen berdasarkan kategori tinggi, sedang, rendah self confidence siswa.
Penelitian ini menggunakan penelitian dengan metode kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Subjek penelitian ini terdiri dari enam subjek siswa kelas V, yang dikelompokkan berdasarkan hasil angket self confidence siswa dan hasil tes kemampuan literasi matematis dengan tiga kategori yaitu tinggi, sedang dan rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui lembar angket self confidence, lembar tes kemampuan literasi matematsi dan lembar wawancara. Teknik analisis data yang digunakan menurut Miles, Huberman, dan saldana mencakup tiga kegiatan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa dengan kategori hasil tes tinggi mampu percaya diri menggunakan tiga indikator dengan benar dan tepat, (2) siswa dengan kategori hasil tes sedang cukup percaya diri menerapkan tiga indikator dengan benar. (3) Siswa dengan kategori rendah tidak percaya diri menerapkan tiga indikator. Faktor yang mempengaruhi kemampuan literasi matematis ditinjau dari self confidence pada materi volume bangun ruang secara umum dipengaruhi oleh faktor internal yaitu faktor dari siswa itu sendiri, yaitu kurang mampu memahami dan kesulitan dalam merencanakan strategi dalam pemecahan masalah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Ulum Fatmahanik |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 03 Jul 2024 02:14 |
Last Modified: | 03 Jul 2024 02:14 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29584 |
Actions (login required)
View Item |