Pemahaman Materi Hak dan Kewajiban Dalam Pembelajaran PPKN Peserta didik Kelas III Al-Quddus di MIN 7 Ponorogo

Ummah, Naimatul (2024) Pemahaman Materi Hak dan Kewajiban Dalam Pembelajaran PPKN Peserta didik Kelas III Al-Quddus di MIN 7 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
NAIMATUL UMMAH ETHESIS.pdf

Download (853kB) | Preview

Abstract

Ummah, Naimatul. 2024. Pemahaman Materi Hak dan Kewajiban dalam
Pembelajaran PPKN Peserta didik kelas III Al-Quddus di MIN 7 Ponorogo,
Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing
Dr. Hj. Elfi Yuliani Rochmah, M.Pd.I.
Kata Kunci: Pemahaman, Pembelajaran PPKN, Peserta didik
Pemahaman menurut Bloom adalah seberapa besar peserta didik mampu
mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi materi
pembelajaran yang diberikan oleh guru kepada peserta didik, dan sejauh mana
peserta didik dapat memahami serta mengerti apa yang sedang dibaca, dilihat,
dialami, atau dirasakan berupa hasil penelitian atau observasi. Pemahaman materi
Hak dan Kewajiban dalam pembelajaran PPKN peserta didik kelas III Al-Quddus
di MIN 7 Ponorogo masih beraneka ragam, ada yang sudah mulai mudah dalam
memahami sesuai dengan yang diharapkan guru dan ada juga yang belum. Maka
dari itu perlu bimbingan yang intensif dalam meningkatkan kemampuan
pemahaman materi tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pemahaman materi hak dan
kewajiban dalam pembelajaran PPKN peserta didik kelas III Al-Quddus di MIN 7
Ponorogo, dan untuk mengetahui tentang (2) faktor-faktor yang mempengaruhi
pemahaman materi hak dan kewajiban dalam pembelelajaran PPKN peserta didik
kelas III Al-Quddus di MIN 7 Ponorogo.
Adapun penelitian ini dirancang dengan menggunakan metode kualitatif.
dalam Pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan model
Milles dan Huberman meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) kemampuan
pemahaman pada materi hak dan kewajiban dalam pembelajaran PPKN Peserta
didik kelas III Al-Quddus di MIN 7 Ponorogo memiliki kemampuan pemahaman
materi yang beragam. Hal itu berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata
pelajaran PPKN bahwasanya kemampuan pemahaman peserta didik yang berasal
dari kemampuan peserta didik yang faham tentang materi pembelajaran, biasanya
sangat mudah sekali dalam memahami materi, berbeda dengan kemampuan
peserta didik yang sedang hal itu dapat menyebabkan peserta didik sulit dalam
memahami materi pembelajaran. (2) faktor yang mempengaruhi pemahaman
materi hak dan kewajiban dalam pembelajaran PPKN Peserta didik kelas III Al�Quddus di MIN 7 Ponorogo adalah faktor internal dan eksternal. faktor internal
terdiri dari faktor fisiologis dan psikologis terdapat berbagai macam yaitu
intelegensi, kemauan, perhatian, minat, bakat, motif, kematangan, kesiapan, daya
ingat dan daya konsentrasi sedangkan faktor eksternal terdapat faktor keluarga,
sekolah dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Elfi Yuliani Rochmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jul 2024 02:15
Last Modified: 03 Jul 2024 02:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29581

Actions (login required)

View Item View Item