Pengaruh Kompetensi Kepribadian dan Sosial Guru PAI terhadap Kecerdasan Emosional Siswa pada Mata Pelajaran PAI Kelas VIII di SMPN 1 Ngebel

Lathifah, Laila (2024) Pengaruh Kompetensi Kepribadian dan Sosial Guru PAI terhadap Kecerdasan Emosional Siswa pada Mata Pelajaran PAI Kelas VIII di SMPN 1 Ngebel. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
e-thesis Laila Lathifah.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kompetensi guru difungsikan untuk mempengaruhi dan membentuk siswa sesuai tujuan pendidikan. Interaksi antara guru dengan siswa dalam lingkungan pembelajaran berimplikasi pada proses perkembangan siswa baik secara intelektual maupun emosional. Bagi siswa, kecerdasan emosional memiliki urgensi yang besar karena dapat membantu mereka menghadapi tantangan emosional yang kompleks selama masa transisi menuju kedewasaan. Sementara itu siswa menjadi individu yang terikat dan terdampak langsung oleh tindakan dan kewenangan guru. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh kompetensi kepribadian dan sosial guru PAI terhadap kecerdasan emosional siswa dari perspektif siswa. Penelitian ini dianggap penting karena guru PAI memiliki peran khusus dalam membimbing siswa dalam aspek spiritual dan moral, yang juga terkait erat dengan kecerdasan emosional. Selain itu, penelitian yang berfokus pada implikasi dari kompetensi guru PAI terhadap kecerdasan emosional siswa belum banyak yang meneliti, sehingga penelitian ini untuk menambah wawasan bagi dunia pendidikan dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa. Adapun penelitian ini dikembangkan menggunakan metode kuantitatif yang bersifat deduktif untuk menguji atau mengonfirmasi hipotesis yang telah dirumuskan melalui pengkajian teori. Proses pengumpulan data dilakukan dengan instrumen angket dan dokumentasi. Partisipan penelitian berasal dari siswa dan guru PAI Kelas VIII di SMPN 1 Ngebel Kabupaten Ponorogo, yang dipilih melalui metode non probability jenis sampling kuota. Kemudian data hasil penelitian ini melalui serangkaian pengujian validitas, reliabilitas, serta uji asumsi klasik. Sedangkan pengujian hipotesis diuji menggunakan analisis regresi linier berganda, yang diolah melalui bantuan SPSS versi 23. Berdasarkan hasil analisis data penelitian ditemukan bahwa (1) koefisien determinasi menunjukkan kontribusi kompetensi kepribadian dan sosial sebesar 37% dan dengan taraf signifikansi 5%, secara simultan variabel kompetensi kepribadian dan variabel kompetensi sosial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel kecerdasan emosional. (2) Dengan taraf signifikansi 5% Ho diterima dan Ha ditolak, maka secara parsial kompetensi kepribadian tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel kecerdasan emosional. Sedangkan dengan taraf signifikansi 5% Ho ditolak dan Ha diterima, maka secara parsial kompetensi sosial berpengaruh signifikan terhadap variabel kecerdasan emosional. Dari implikasi tersebut, dapat diketahui bahwa dari perspektif siswa, kompetensi sosial guru PAI dalam pembelajaran PAI secara parsial mempengaruhi kecerdasan emosional siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: BASUKI
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jul 2024 04:59
Last Modified: 02 Jul 2024 04:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29569

Actions (login required)

View Item View Item