Apriliana, Apriliana (2024) Aktualisasi Pendidikan Karakter Kemandirian Siswa Melalui Projek Penguatan Profil Pelajaran Pancasila Dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin Di Mts Negeri 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
208200007_APRILIANA_TADRIS IPS.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Apriliana. 2024. Aktualisasi Pendidikan Karakter Kemandirian Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil’alamin di MTs Negeri 1 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Muhammad Widda Djuhan, M.Si.
Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Mandiri, P5, P2RA.
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil’alamin merupakan salah satu projek kegiatan yang harus dilaksanakan untuk mendukung kemampuan siswa dalam upaya penyelesaian masalah secara mandiri. Dalam upaya meningkatkan kemampuan penyelesaian masalah yang baik dapat diperoleh melalui pendidikan karakter. Terutama dalam kegiatan pendidikan karakter kemandirian seperti dalam kewirausahaan di MTs Negeri 1 Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalis (1) aktualisasi pendidikan karakter kemandirian siswa melalui projek penguatan profil pelajar pancasila dan profil pelajar rahmatan lil’ alamin di MTs Negeri 1 Ponorogo; (2) faktor pendukung dan faktor penghambat aktualisasi pendidikan karakter kemandirian siswa melalui projek penguatan profil pelajar pancasila dan profil pelajar rahmatan lil’ alamin di MTs Negeri 1 Ponorogo tingkat rasa ingin tahu pendidikan karakter kemandirian siswa.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Partisipasi penelitian berasal dari kepala sekolah, guru, dan peserta didik di MTs Negeri 1 Ponorogo. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan model analisa Miles, Huberman, dan Saldana meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisa data ditemukan bahwa (1) aktualisasi pendidikan karakter kemadirian siswa melalui projek penguatan profil pelajar pancasila dan profil pelajar rahmatan lil’alamin menunjukkan hasil yang baik. Adapun dalam hal ini indikator kemandirian yang paling menojol ketika kegiatan kewirausahaan. Peserta didik yang melakukan kegiatan kewirausahaan cenderung memiliki sifat mandiri yang lebih baik dalam menyelesaikan pendidikan karakter kemandirian. (2) Faktor yang mempengaruhi aktualisasi pendidikan karakter kemandirian siswa melalui projek penguatan profil pelajar pancasila dan profil pelajar rahmatan lil’alamin adalah faktor motivasi dan pendidikan karakter. Motivasi ekstrinsik meliputi lingkungan tempat tinggal dan dorongan dari nilai guru. Motivasi insrinsik terdiri dari perasaan suka terhadap tumbuhan, keyakinan pentingnya empon-empon dalam kesehatan dan keinginan untuk berinteraksi dengan alam. Peserta didik dengan penerapan pendidikan karakter kemandirian cenderung dipengaruhi oleh motivasi instrinsiknya. Sedangkan faktor penghambat dalam pelaksanaan pendidikan karakter kemandirian berasal dari anak, sikap pendidik dan lingkungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Muhammad Widda Djuhan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 02 Jul 2024 02:32 |
Last Modified: | 02 Jul 2024 02:32 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29556 |
Actions (login required)
View Item |