[TTD SURAT PERSETUJUAN PUBLIKASI HARUS ASLI, BUKAN TTD YANG DISCAN. SILAKAN UPLOAD ULANG] Pola Interaksi Sosial dalam Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMPN 1 Sambit Ponorogo

Syaifuddin, Imam (2024) [TTD SURAT PERSETUJUAN PUBLIKASI HARUS ASLI, BUKAN TTD YANG DISCAN. SILAKAN UPLOAD ULANG] Pola Interaksi Sosial dalam Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMPN 1 Sambit Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
208200069_IMAM SYAIFUDDIN_Tadris IPS.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Syaifuddin, Imam. 2024. Pola Interaksi Sosial dalam Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMPN 1 Sambit Ponorogo. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Arif Rahman Hakim, M.Pd.
Kata Kunci : Pola, Interaksi Sosial, dan Program P5
Pojek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan salah satu program yang di usungkan oleh pemerintah dalam rangka menanamkan nilai-nilai pancasila. Selain melalui kegiatan belajar mengajar (KBM) di dalam kelas, terdapat pembelajaran di luar ruangan berupa program Projek Penguatan Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang memberikan pengalaman belajar yang berkaitan dengan nilai pancasila yang ada dalam masyarakat. Pelaksanaan program ini tentunya terdapat interaksi sosial yang merupakan sebuah hubungan antara siswa dengan siswa, siswa dengan guru, dan kelompok siswa dengan kelompok siswa lain. Interaksi sosial menjadi suatu hal yang penting dalam semua pelaksanaan kegiatan, program P5 ini juga bertujuan untuk membentuk pola interaksi sosial yang baik serta membentuk karakter siswa yang memiliki kesadaran sosial yang tinggi.
Penelitian ini bertujuan : 1) Mengetahui Pola Interaksi sosial yang terjadi pada saat pelaksanaan program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMPN 1 Sambit ponorogo. 2) Mengetahui implikasi dari program P5 terhadap Pola interaksi siswa kelas VII di SMPN 1 Sambit Ponorogo. 3) Hambatan dari pelaksanaan program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Informan pada penelitian ini yaitu guru penggerak pelaksanaan program P5, guru pendamping pelaksanaan program P5, dan Siswa. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan metode Miles, Huberman dan Saldana yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan Penyajian data.
Berdasarkan data yang didapatkan, menunjukkan bahwasanya terdapat pola interaksi sosial berupa hubungan antara guru, murid, dan lingkungan sekolah. Berdasarkan oleh analisis data yang telah ditemukan bahwa: 1) Terdapat pola interaksi sosial berupa hubungan antara siswa, guru, dan lingkungan sekolah yang mengarah ke bentuk interaksi sosial asosiatif berupa kerja sama, gotong royong, akomodasi, dan juga asimilasi. 2) Implikasi dari program P5 terhadap pola interaksi sosial siswa di SMPN 1 Sambit Ponorogo melalui Program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sangat besar dan dapat membentuk pola interaksi antar individu, atar kelompok individu dengan kelompok yang berbentuk asosiatif berupa kerja sama, gotong royong, akomodasi, dan juga asimilasi. 3) Hambatan dari pelaksanaan projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) diantaranya adalah kemampuan guru dalam melaksanakan program P5 dirasa kurang, masih banyak guru yang belum maksimal dalam melaksanakan pendampingan pelaksanaan program P5, dan terdapat beberapa murid yang kurang aktif mengikuti pelaksanaan program P5. Kemampuan guru perlu ditingkatkan dan menyesuaikan dengan zamannya agar dapat memaksimalkan pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Rahman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jul 2024 01:52
Last Modified: 02 Jul 2024 01:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29548

Actions (login required)

View Item View Item