[SURAT PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN BLUR, SCAN ULANG DENGAN JELAS. SILAKAN UPLOAD ULANG] Manajemen Kurikulum Pendidikan Inklusi dalam Pengembangan Kompetensi Entrepreneurship Siswa di SMP Negeri 2 Satu Atap Jambon Ponorogo

Junaidi, Achmad (2024) [SURAT PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN BLUR, SCAN ULANG DENGAN JELAS. SILAKAN UPLOAD ULANG] Manajemen Kurikulum Pendidikan Inklusi dalam Pengembangan Kompetensi Entrepreneurship Siswa di SMP Negeri 2 Satu Atap Jambon Ponorogo. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
502220001_ACHMAD JUNAIDI_MPI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi Pendidikan harus dimiliki semua orang termasuk anak berkebutuhan khusus. Setiap manusia punya hak dan kesempatan yang sama untuk berkembang dan mendapatkan pendidikan demi kelanjutan kehidupannya yang lebih baik. Tidak membedakan apakah warna kulitnya, rasnya, agama, maupun genetiknya, dalam pendidikan setiap orang berhak untuk sejajar. Berdasarkan data yang dihimpun Kemenko PMK Kabupaten Ponorogo, jumlah penduduk miskin kota Reog mencapai 90.000 orang. Dari jumlah itu, 86.000 lainnya masuk kategori penduduk miskin ekstrem. Kemiskinan ekstem di Ponorogo ini disebabkan oleh kondisi pendapatan warga yang sangat rendah dan tidak memiliki sumber penghasilan tetap, khususnya, di Kecamatan Jambon, Desa Krebet dan sekitarnya masih banyak dijumpai masyarakat yang mengalami permasalah tersebut. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan menggadakan sekolah inklusi dan mengantisipasi melalui penguatan keterampilan dan jiwa kewirausahaan pesrta didik. Salah satu mata pelajaran yang mengembangkan keterampilan dan kewirausahaan adalah prakarya yang bertujuan mengembangkan keterampilan peserta didik. SMPN 2 Satu Atap Jambon adalah salah satu lembaga pendidikan di Ponorogo yang sejak tahun 2015 mendapat SK sebagai sekolah penyelenggara Pendidikan inklusi oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo dan menerapkan pelajaran prakarya pada jenjang menengah pertama. SMPN 2 SATAP Jambon Ponorogo adalah sekolah yang menerapkan prakarya kepada siswanya. Maka dari itu diperlukan manajemen kurikulum pendidikan inklusi yang baik dan sistematis dalam pelaksanaannya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan, mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi manajemen kurikulum pendidikan inklusi dalam pengembangan kompetensi entrepreneurship siswa di SMPN 2 Satu Atap jambon Ponorogo.
Peneliti menggunakan jenis pendekatan kualitatif dengan studi kasus tunggal yaitu tempat atau lokasi penelitian hanya satu. Metode yang digunakan peneliti dalam mengumpulkan data penelitian yaitu metode wawancara, observasi, serta dokumentasi. Analisis datanya menguunakan model Matthew B. Milles, A. Michael Huberman, dan Saldana sebagai acuan. Analisis data penelitian berupa pengumpulan data, pengayaan data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Perencanaan kurikulum pendidikan inklusi dalam pengembangan kompetensi entrepreneurship siswa di SMPN 2 Satu Atap Jambon Ponorogo meliputi perumusan visi dan misi, asesmen lingkungan internal dan eksternal, menyusun rencana kerja 2) Pelaksanaan kurikulum pendidikan inklusi dalam pengembangan kompetensi entrepreneurship siswa di SMPN 2 Satu Atap Jambon Ponorogo meliputi berintegrasi dalam pembelajaran(intrakurikuler), berintegrasi daam ekstrakurikuler, dan pemasaran produk. 3) Evaluasi kurikulum pendidikan inklusi dalam pengembangan kompetensi entrepreneurship siswa di SMPN 2 Satu Atap Jambon Ponorogo meliputi Evaluasi Formatif dan sumatif, Rapat Dinas, Rapat akhir semester.

Kata Kunci: Manajemen Kurikulum, Pendidikan Inklusi, Kompetensi Entrepreneurship

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Mukhibat Dhinuk Puspita Kirana
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jul 2024 01:55
Last Modified: 02 Jul 2024 01:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29547

Actions (login required)

View Item View Item