PEMBELAJARAN SISTEM BLOK PADA KURMER MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI KELAS XI DI SMKN 1 JENANGAN PONOROGO

Janah, Khurin Munafingatul (2024) PEMBELAJARAN SISTEM BLOK PADA KURMER MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI KELAS XI DI SMKN 1 JENANGAN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_201200103_KHURIN MUNAFINGATUL JANAH.pdf

Download (977kB) | Preview

Abstract

Janah, Khurin Munafingatul. 2024. Pembelajaran Sistem Blok Pada Kurmer Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas XI di SMKN 1 Jenangan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Ahmad Nu’man Hakim, M. Ag.

Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Sistem Blok, Mata Pelajaran PAI dan Budi pekerti

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah lembaga pendidikan yang sesudah lulus dapat langsung bekerja, namun tetap diharapkan peserta didik memiliki adab, karakter yang baik, dan berfikir kritis. Namun sangatlah sulit secara tidak langsung di Sekolah Menengah Kejuruan mementingkan anak belajar untuk mencapai hasil projek atau karya. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut yaitu adanya kerjasama dari pihak sekolah dengan guru agama supaya peserta didik tidak hanya fokus pada hasil tetapi memiliki adab dan berkarakter yang baik.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan pembelajaran yang fleksibel dalam kurikulum merdeka mata pelajaran PAI & Budi Pekerti dan Budi Pekerti kelas XI; pelaksanaan kurikulum merdeka melalui pembelajaran sistem blok mata pelajaran PAI & Budi Pekerti dan Budi Pekerti kelas XI; serta faktor penghambat dalam kurikulum merdeka melalui pembelajaran sistem blok mata pelajaran PAI & Budi Pekerti dan Budi Pekerti kelas XI di SMKN 1 Jenangan Ponorogo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus yang dilaksanakan di SMKN 1 Jenangan Ponorogo. Penelitian ini menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yang meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa 1) Perencanaan pembelajaran yang fleksibel dalam kurikulum merdeka mata pelajaran PAI & Budi Pekerti Kelas XI di SMKN 1 Jenangan Ponorogo; a) Menentukan metode dan strategi yang cocok dalam pembelajaran dikelas atau diluar kelas, b) Membentuk karakter peserta didik yang berakhlakhul karimah, sopan dan santun, c) Mengunakan dan mengembangkan fasilitas, media pembelajaran yang sudah ada disekolah. 2)Pelaksanaan kurikulum merdeka mata pelajaran PAI & Budi Pekerti melalui pembelajaran sistem blok kelas XI di SMKN 1 Jenangan Ponorogo; a) dengan adanya workshop, guru dapat mengembangkan modul ajar dan menyampaikan kepada peserta didik, b) dengan membuat pembelajaran yang menarik, menjadikan peserta didik lebih ber antusias, dan berpikir kritis. 3) Faktor penghambat pelaksanaan kurikulum merdeka mata pelajaran PAI & Budi Pekerti di SMKN 1 Jenangan Ponorogo; a) Seorang guru tidak setiap minggu bertemu, tergantung sistem bloknya, karakter peserta didik yang berbeda, kemudian didalam kurikulum merdeka siswa tidak ada tugas yang dikerjakan individu tetapi secara kelompok, dan peserta didik merasa kurang efektif. b) Seorang guru harus memikirkan metode, strategi, serta mampu dalam pengelolaan kelas. Dari hal tersebut guru di SMKN 1 Jenangan Ponorogo dapat mengatasinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Nu'man Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Jul 2024 07:30
Last Modified: 01 Jul 2024 07:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29527

Actions (login required)

View Item View Item