Sekar Lestari, Diah (2024) Komparasi Minat Belajar Pai Dan Budi Pekerti Berdasarkan Penggunaan Metode Ceramah Dan Mind Mapping Di Kelas XI SMAN 1 Balong Ponorogo Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
201200050_DIAH SEKAR LESTARI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Mind Mapping, Minat Belajar
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar PAI dan Budi Pekerti siswa di kelas XI SMAN 1 Balong Ponorogo Tahun Ajaran 2023/2024. Hal ini terindikasi dari: banyak siswa yang tidak memperhatikan penjelasan guru saat kegiatan belajar mengajar (KBM), malas belajar, berbicara dengan teman sebangku, siswa yang telat masuk kedalam kelas, masih banyak siswa yang tidak mengerjakan dan mengumpulkan tugas yang telah diberikan oleh guru, dan kegiatan belajar yang kurang menarik. Hal tersebut dapat dipengaruhi oleh faktor penggunaan metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru PAI dan Budi Pekerti.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui minat belajar siswa dengan metode pembelajaran ceramah pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti siswa kelas XI SMAN 1 Balong Tahun 2023/2024. (2) Untuk mengetahui minat siswa dengan metode mind mapping pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti siswa kelas XI SMAN 1 Balong Tahun Ajaran 2023/2024. (3) Untuk mengetahui apakah ada perbedaan minat belajar yang signifikan antara kelas yang menggunakan metode konvensional ceramah dan metode mind mapping pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti siswa kelas XI SMAN 1 Balong Ponorogo Tahun Ajaran 2023/2024.
Pendekatan dalam penelitian ini dengan menggunakan kuantitatif. Dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 56. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket, sedangkan untuk analisis data rumusan satu menggunakan statistic deskriptif dan rumusan masalah dua menggunakan uji Mann Whiteney U.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Minat belajar siswa menggunakan metode ceramah, berdasarkan hasil penelitian diketahui dominan dalam kategori sedang dengan rata-rata 84,64 prosentase sebesar 78, 57%. (2) Minat belajar siswa menggunakan metode mind mapping, berdasarkan hasil peneltian diketahui dominan dalam kategori sedang dengan rata-rata 101,25 prosentase sebesar 75%. (3) Pada hasil perhitungan menunjukkan adanya perbedaan minat belajar yang signifikan antara kelompok kelas kontrol dan kelas eksperimen, dimana rata-rata minat belajar kelompok kelas eksperimen dengan metode mind mapping lebih tinggi dari kelas kontrol dengan metode ceramah. Sehingga dapat dikatakan metode pembelajaran mind mapping lebih efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Andhita Dessy Wulansari |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 01 Jul 2024 07:28 |
Last Modified: | 01 Jul 2024 07:28 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29521 |
Actions (login required)
View Item |