Dailya Rahma, Kustia (2024) Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Materi Tawadhu’ Siswa Kelas VIII Di MTs Ma’arif Al-Mukarrom Kauman Sumoroto Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
201190052 DAILYA RAHMA KUSTIA PAI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Implementasi, Akidah Akhlak, Tawadhu’
Pendidikan adalah suatu hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia sebab pendidikan merupakan sarana pembentukan kepribadian. Pendidikan merupakan salah satu pengajaran yang diselenggarakan disekolah sebagai lembaga pendidikan formal. Pendidikan ialah membimbing manusia dari kegelapan, kebodohan, dan pencerahan pengetahuan. Pendidikan merupakan bimbingan atau pimpinan secara sadar oleh si pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani si terdidik menuju terbentuknya kepribadian utama. Setiap orang wajib mendapatkan pendidikan, didalam dunia pendidikan biasa disebut dengan pembelajaran. Pembelajaran adalah setiap kegiatan yang disusun untuk membantu seseorang dalam memahami suatu kecakapan. Oleh karena itu dalam kegiatan pembelajaran pemahaman karakteristik setiap individu sangat penting dilakukan ketika belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan akhlaqul karimah dalam diri peserta didik dalam pembentukan karakter sifat Tawadhu’ di Mts Ma‟arif Al-Mukarrom Sumoroto, selain itu juga menganalisis dampak dan problematika pembentukan karakter Tawadhu’ siswa melalui pembelajaran Akidah Akhlak di Mts‟ Ma‟arif Al-Mukarrom Sumoroto.
Adapun penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, adapun teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah, teknik analisis data interaktif Miles, Huberman, dan saldana meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, yang mencakup kata-kata dan kalimat informasi narasumber dan tindakan dari objek penelitian dengan jumlah sembilan partisipan, dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian tersebut ditemukan proses pembelajaran Akidah Akhlak kelas VIII yaitu menyusun RPP, menentukan tujuan yang akan dicapai, menentukan metode pembelajaran, menentukan media pembelajaran, evaluasi pembelajaran, penekanan karakter Tawadhu’. Dampak dari adanya pembentukan sikap Tawadhu’ tentunya cenderung pada dampak positif, guru Akidah Akhlak dalam membiasakan sikap Tawadhu’ yaitu dengan membudayakan berbicara santun, rendah hati, suka menolong kepada sesama, patuh kepada nasehat guru, rajun belajar. Pembiasaan sikap Tawadhu’ diperlukan untuk melatih siswa agar terbiasa bersikap Tawadhu’ dan Problematika pembentukan karakter Tawadhu’ siswa di Mts Ma‟arif Al-Mukarrom Sumoroto.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Kharisul Wathoni |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 01 Jul 2024 07:27 |
Last Modified: | 01 Jul 2024 07:27 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29517 |
Actions (login required)
View Item |