Strategi Fasilitator dalam Menumbuhkan Kreativitas Siswa Melalui Batik Shibori P5 Tema Kewirausahaan SMP Negeri 2 Ponorogo

Agustina, Meilina (2024) Strategi Fasilitator dalam Menumbuhkan Kreativitas Siswa Melalui Batik Shibori P5 Tema Kewirausahaan SMP Negeri 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
208200025_MEILINA AGUSTINA_TIPS-2.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Agustina, Meilina. 2024. Strategi Fasilitator Dalam Menumbuhkan Kreativitas Siswa
Melalui Batik Shibori P5 Tema Kewirausahaan SMP Negeri 2 Ponorogo
(Studi Kasus). Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas
Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing: Khoirun Nikmah, M. Hum.
Kata Kunci: Kreativitas, Batik Shibori, P5.
Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) memiliki peran krusial dalam
menumbuhkan kreativitas siswa. Dengan pendekatan yang interaktif dan praktis, P5
memberikan platform untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif, inovatif, dan
berwirausaha. Melalui pembelajaran P5, siswa dipersiapkan untuk menghadapi
tantangan dunia nyata dengan gagasan-gagasan baru dan solusi yang inovatif. Dengan
demikian pembelajaran P5 dalam tema kewirausahaan tidak hanya memberikan
pengetahuan praktis, tetapi juga memperkuat kemampuan siswa untuk berinovasi dan
menghadapi perubahan dengan kreativitas.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) Bentuk kegiatan P5 dalam
menumbuhkan kreativitas siswa melalui batik shibori P5 tema kewirausahaan SMP
Negeri 2 Ponorogo. (2) Strategi fasilitator dalam menumbuhkan kreativitas siswa
melalui batik shibori P5 tema kewirausahaan SMP Negeri 2 Ponorogo. (3) Faktor
pendorong dan penghambat dalam menumbuhkan kreativitas siswa melalui batik
shibori P5 tema kewirausahaan SMP Negeri 2 Ponorogo.
Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi (Non-Partisipan),
wawancara (Semi terstruktur) dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan
adalah model analisis Miles, Huberman dan Saldana, meliputi pengumpulan data,
kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data
menggunakan triangulasi sumber dan teknik, serta ketekunan pengamatan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Bentuk
kegiatan untuk menumbuhkan kreativitas siswa melalui batik shibori adalah dengan
salah satu strategi yang digunakan oleh fasilitator yaitu dengan membuat motif batik
secara mandiri untuk melatih rasa ingin tahu dan minat siswa dalam kegiatan P5 Tema
Kewirausahaan. 2) Strategi yang digunakan fasilitator terdiri dari 8 aksi (Pemutaran
video mengenai P5, Observasi langsung dengan pedagang sembako di pasar,
penggambaran motif batik shibori, pembekalan pembuatan batik shibori, pembuatan
batik shibori, pembuatan label atau poster, refleksi dan pelaksanaan pameran) yang
akan dilakukan oleh siswa secara bertahap agar siswa bisa memahami dan dapat
menumbuhkan kreativitas secara perlahan-lahan. 3) faktor pendorong keberhasilan
pelaksanaan P5 adalah dari semangat dan komitmen fasilitator dalam menyampaikan
dan melaksanakan tugas, sedangkan faktor penghambat keberhasilan pelaksanaan P5
adalah kurangnya pemahaman siswa tentang P5, batik shibori, dan tema kewirausahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Khoirun Nikmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Jul 2024 03:48
Last Modified: 01 Jul 2024 03:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29498

Actions (login required)

View Item View Item