Munawir, Khotim (2024) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETEHSIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG).. Pengembangan Media Pembelajaran Fiqih Berbasisi E-book Augmented Reality Materi Haji Dan Umrah Untuk Menigkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Di MAN 1 Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FIQIH BERBASIS E-BOOK AUGMENTED REALITY MATERI HAJI DAN UMRAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI MAN 1 NGAWI.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Munawir, Khotim. 2024. Pengembangan Media Pembelajaran Fiqih Berbasis Teknologi Augmented Reality Book Materi Haji dan Umroh di MAN 1 Ngawi. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Safiruddin Al Baqi, MA.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, E-Book Augmented Reality
Meningkatkan kualitas sumber daya manusia merupakan peran penting pendidikan. Dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia pendidikan memerlukan beberapa pembaruan. Dalam pembelajaran di kelas ditemui masih rendahnya penggunaan media pembelajaran yang sesuai dengan materi dan kebutuhan siswa khususnya pada pelajaran Fiqih. Fiqih memiliki materi yang luas salah satunya adalah materi haji dan umrah yang menjadi tantangan tersendiri bagi guru untuk menggunakan media yang sesuai dengan materi dan kebutuhan siswa. Sedangkan untuk meningkatkan proses pembelajaran guru dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif agar mendorong siswa dapat belajar secara maksimal khususnya di kelas. Penelitian pegembangan ini dilakukan di MAN 1 Ngawi pada tahun ajaran 2023/2024. Penelitian pengembangan media pembelajaran fiqih berbasis e-book augmented reality bertujuan untuk 1) mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran fiqih berbasis e-book augmented reality pada siswa kelas 10 MAN 1 Ngawi 2) Menjelaskan keefektifan media pembelajaran fiqih berbasis e-book augmented reality baik kelayakan dan respon siswa terhadap media pembelajaran fiqih berbasis e-book augmented reality. Untuk mencapai tujuan diatas, perlu adanya pendekatan penelitian pengembangan. Pengembangan yang digunakan adalah pengembangan model ADDIE yang menggunakan 5 langkah pengembangan yaitu analisis, perancangan, pengembangan, penerapan dan evaluasi. Teknik data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket. Instrumen penelitian ini berupa validasi media dan angket responden. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dan dikembangkan menjadi produk media pembelajaran dengan mengelola data dari sumber, kemudian menghitung hasil dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian data ditemukan bahwa media pembelajaran fiqih berbasis e-book augmented reality yang divalidasi oleh ahli materi memperolah nilai 80% masuk pada kategori layak, dan divalidasi oleh ahli media dengan nilai 80% masuk kategori layak. Sedangkan respon guru diperoleh nilai 80% masuk pada kategori menarik. pada saat uji coba pretes dan postest diketahui bahwa rata-rata nilai sebelum menggunakan media pembelajaran adalah 50,66, dan setelah menggunakan media pembelajaran rata-rata nilai siswa adalah 83. Berdasarkan uji T-test one-tailed adalah 0.000 < 0,05 menunjukan adanya perbedan signifikan hasil belajar siswa dan berdasarkan uji N-Gain menunjukan nilai 65,01% yang masuk pada kategori cukup efektif. Dengan ini disimpulkan bawah media pembelajaran fiqih berbasis ebook augmented reality layak digunakan sebagai media pembelajaran mata pelajaran fiqih.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Safiruddin Al Baqi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 01 Jul 2024 03:57 |
Last Modified: | 01 Jul 2024 03:57 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29495 |
Actions (login required)
View Item |