Strategi Guru IPS Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Kurikulum Merdeka SMP Negeri 3 Sambit Ponorogo

Istiqomah, Sholihatul (2024) Strategi Guru IPS Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Kurikulum Merdeka SMP Negeri 3 Sambit Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
208200038_SHOLIHATUL ISTIQOMAH_TADRIS IPS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam bidang pendidikan dibutuhkan pembelajaran yang mampu
membentuk motivasi belajar siswa terutama pada Kurikulum Merdeka ini. Begitu
pula proses pembelajaran IPS di SMP Negeri 3 Sambit Ponorogo masih
cenderung berpusat pada guru, Karena sebagian guru masih menggunakan metode
ceramah. Hal tersebut, membuat siswa bosan dan merasa jenuh dalam mengikuti
kegiatan pembelajaran yang mengakibatkan motivasi belajar siswa siswa dalam
kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran IPS Kurikulum Merdeka rendah.
Maka dari itu dibutuhkan strategi guru IPS dalam meningkatkan motivasi belajar
pada Kurikulum Merdeka
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Strategi guru IPS dalam
meningkatkan motivasi belajar pada Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 3 Sambit
2) Faktor penghambat Strategi guru IPS dalam meningkatkan motivasi belajar
pada Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 3 Sambit. 3) Implikasi Strategi guru IPS
dalam meningkatkan motivasi belajar pada Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 3
Sambit.
Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi
kasus. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru IPS, dan siswa kelas VII B
SMP Negeri 3 Sambit. Data dari hasil penelitian kemudian dianalisis
menggunakan model analisis Miles, Huberman dan Saldana, meliputi
pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu, pengamatan
secara tekun, serta member check.
Hasil peneitian ini yaitu: 1) Strategi guru IPS dalam meningkatkan
motivasi belajar pada Kurikulum Merdeka kelas VII SMP Negeri 3 Sambit yaitu
dengan memanfaatkan dimensi P5 diantaranya menumbuhkan kesadaran siswa
akan kewajibannya sebagai pelajar, membentuk kemampuan diri dengan
penugasan, menghubungkan materi IPS dengan motivasi belajar, memberi tugas
sesuai kemampuan individu atau potensi siswa, serta dengan memberikan
semangat dan apresiasi. 2) Faktor strategi guru IPS dalam meningkatkan motivasi
belajar pada Kurikulum Merdeka kelas VII SMP Negeri 3 Sambit di antaranya:
faktor internal siswa yaitu memilih cara instan ketika mengerjakan tugas serta
bergantung pada teman , faktor keluarga yaitu pola asuh orang tua dan kurang
memantau dan memperhatikan anak, dan faktor lingkungan pertemanan siswa
yang membentuk pola pikir. 3) Implikasi dari Strategi guru IPS dalam
meningkatkan motivasi belajar pada Kurikulum Merdeka kelas VII SMP Negeri 3
Sambit berdampak positif sesuai dengan indikator motivasi yaitu siswa menyadari
dan bertanggung jawab atas dirinya, guru memberikan nasehat dan apresiasi
sehingga siswa lebih percaya diri, siswa sudah berani berpendapat dan siswa
sudah enjoy dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Jul 2024 03:46
Last Modified: 01 Jul 2024 03:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29485

Actions (login required)

View Item View Item