Izzati, Afifah Aulia (2024) Gagasan Pendidikan Islam Perspektif Harun Nasution dan Relevansinya terhadap Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI_201200214_AFIFAH AULIA IZZATI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan agama Islam adalah suatu kegiatan dilakukan dengan sadar dan terencana untuk mengembangkan, meningkatkan, membimbing, melatih, membina peserta didik agar mampu secara aktif mengembangkan dirinya, yang bertujuan untuk menghasilkan kekuatan spiritual keagamaan, pengetahuan, akhlak mulia dan keterampilan untuk hidup di dunia dan di akhirat kelak yang tentunya sesuai dengan nilai-nilai Islam. Di zaman sekarang ini banyak sekali peserta didik yang mengalami kemerosotan akhlak dalam kehidupan bermasyarakat bahkan dalam mematuhi ajaran agama. Pendidikan Islam itu sangat penting untuk remaja untuk mencegah kemerosotan akhlak. Untuk mengatasi masalah ini, perlunya inovasi baru dalam pendidkan salah satunya dengan melihat pemikiran yang digagas oleh Harun Nasution dan merelevansikan dengan pendidikan agama Islam di SMP.
Penenlitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pemikiran pendidikan Islam perspektif Harun Nasution (2) Relevansi pemikiran pendidikan Islam Harun Nasution pada pendidikan agama Islam di SMP.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research). Dalam penelitian ini peneliti mengamati selain dari buku juga mengamati dari lingkungan sekitar, berdasarkan fenomena yang sedang diteliti. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah buku-buku kepustakaan karya tokoh yang akan diteliti yaitu Harun Nasution dan buku-buku atau artikel lain yang berhubungan dengan pendidikan Islam. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analysis) dengan cara menggambarkan bagaimana biografi Harun Nasution dan gagasan pemikirannya terhadap pendidikan Islam kemudian menyesuaikannya dengan pendidikan agama Islam di SMP.
Hasil dari penelitian ini pendidikan Islam menurut pemikiran dari Harun Nasution yaitu pendidikan moral harus seimbang, pelajaran mengenai keagamaan terutama ibadah harus dihubungkan juga dengan pendidikan moral. Karena menurut Harun tujuan dari pendidikan Islam yang utama yakni pendidikan moral. Materi PAI di SMP yang paling relevan dengan pemikiran pendidikan Islam Harun Nasution yaitu materi tentang ibadah. Karena dengan ajaran agaman ini akan mencegah kemerosotan akhlak. Siswa dapat menjadi lebih baik dalam pertumbuhan pribadi mereka dengan materi ibadah yang tercantum karena membantu mereka dalam merenungkan nilai-nilai, etika, dan tujuan hidup mereka dan mendorong mereka untuk menjadi individu yang lebih baik dan berbuat baik kepada orang lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Safiruddin Al Baqi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 01 Jul 2024 03:42 |
Last Modified: | 01 Jul 2024 03:42 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29482 |
Actions (login required)
View Item |