Pratama, Sendi Adi (2024) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETEHSIS, UPLOAD ULANG).. Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Siswa Di MTsN 8 Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
E THESES SENDI ADI PRATAMA.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Era industri 4.0merupakan era yang ditandai dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, seperti internet, big data, artificial intelligence, dan lain sebagainya.Guna menghadapi revolusi 4.0 diperlukan kemampuan literasi sebagai modal untuk menjalani kehidupan bermasyarakat. Dalam hal ini diperlukan peran kepala madrasah dalam meningkatkan kemampuan literasi digital siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan peran kepala madrasah dalam meningkatkan kemampuan literasi digital siswa di MTsN 8 Magetan, (2) mendeskripsikan keberhasilan kepala madrasah dalam meningkatkan kemampuan literasi digital siswa di MTsN 8 Magetan, (3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat kepala madrasah dalam meningkatkan kemampuan literasi digital siswa di MTsN 8 Magetan.
Metode penelitian menggunakan penelitian studi kasus dengan pendekatan penelitian kualitatif, subjek penelitian adalah kepala madrasah, waka kurikulum, dan guru MTsN 8 Magetan, teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman yang meliputi tahapan pengumpulan data, kondensasi data, display data, penarikan kesismpulan data penelitian.
Hasil penelitian ini adalah (1) peran kepala madrasah MTsN 8 Magetan sebagai edukator, manager, administrator, supervisor, leader, inovator, dan motivator memiliki peranan penting dalam meningkatkan kemampuan literasi di siswa. (2) keberhasilan kepala madrasah dalam meningkatkan kemampuan literasi digital siswa di MTsN 8 Magetan ditinjau dari basis kelas seperti pemberian tugas melalui berbasis digital dan basis budaya, kebijakan pembentukan perencanaan, laporan dan kinerja guru. (3) faktor pendukung dan penghambat kepala madrasah MTsN 8 diidentifikasi melalui analisis SWOT. Yang dimana kekuatan, ketersediaan laboratorium komputer dan jumlah komuter yang memadahi, akses internet dan SDM sedangkan peluangnya adalah pemanfaatan smartphone siswa untuk mengakses web e-learning madrasah namun adanya kelemahan yaitu: siswa yang berada di pondok yang tidak diperbolehkan membawa smartphone dan tantangnya adalah memerlukan anggaran yang besar untuk menunjang program literasi digital.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Fata Asyrofi Yahya |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 01 Jul 2024 03:46 |
Last Modified: | 01 Jul 2024 03:46 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29474 |
Actions (login required)
View Item |