Cahya, Herdy Nova (2024) Penggunaan Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Pengoptimalan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SMPN 1 Jetis Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
201200307_HERDY NOVA CAHYA_PAI.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang monoton tanpa adanya variasi media pembelajaran masih menjadi masalah bagi guru dalam menunjang kemampuan berpikir kritis siswa. Oleh karena itu, penggunaan multimedia interaktif dilaksanakan SMPN 1Jetis Ponorogo dengan memperbanyak variasi-variasi media pembelajaran untuk pengoptimalan kemampuan berpikir kritis siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penggunaan multimedia interaktif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII SMPN 1 Jetis Ponorogo; (2) faktor yang mempengaruhipenggunaan multimedia interaktif pada mata pelajaranPendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII SMPN 1 Jetis Ponorogo; (3) dampak penggunaan multimedia interaktif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam pengoptimalankemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMPN 1 Jetis Ponorogo.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah teori dari Miles, Huberman, dan Saldana berupa kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah: (1) penggunaan multimedia interaktif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII SMPN 1 Jetis Ponorogo dilaksanakan dengan melakukan persiapan alatdan bahan berupa laptop, LCD proyektor, sound system, danWi- Fi, perangkat pembelajaran berupa modul ajar dengan mendesain animasi wajah bergerak dengan aplikasi Canva, pelaksanaan kegiatan awal mengucapkan salam, penjelasan materi dan tujuan pembelajaran, absensi siswa, kegiatan inti di isi dengan menayangkan video pembelajaran dilanjutkan sesi tanya jawab, diskusi, dan debat, kegiatan penutup berupa refleksi materi dan evaluasi dilakukan guru dengan menilai kinerja pembelajaran dengan rekan guru lainnya; (2)faktor yang mempengaruhi penggunaan multimedia interaktif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII SMPN 1 Jetis Ponorogo berupa fasilitas, penguasaan guru, dorongan sekolah, motivasi; (3) dampak penggunaan multimedia interaktif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam pengoptimalan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMPN 1 Jetis Ponorogo, lebih aktif bertanya dan menjawab pertanyaan, dapat mengembangkan minat dan bakat, lebih aktif menyampaikan pendapat, mudah mengingat materi, dan dapat berpikir kritis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Zeni Murtafiati Mizani |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 01 Jul 2024 03:41 |
Last Modified: | 01 Jul 2024 03:41 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29464 |
Actions (login required)
View Item |