Efektivitas Metode Survey, Questions, Read, Recite, Review (SQ3R) terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V di MI Ma’arif Setono, Jenangan, PonorogoEfektivitas Metode Survey, Questions, Read, Recite, Review (SQ3R) terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V di MI Ma’arif Setono, Jenangan, Ponorogo

Pratiwi, Ervina Eka (2024) Efektivitas Metode Survey, Questions, Read, Recite, Review (SQ3R) terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V di MI Ma’arif Setono, Jenangan, PonorogoEfektivitas Metode Survey, Questions, Read, Recite, Review (SQ3R) terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V di MI Ma’arif Setono, Jenangan, Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203200169-ERVINA EKA PRATIWI-PGMI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V di MI Ma’arif Setono Ponorogo. Masih rendahnya kemampuan membaca siswa tersebut dapat diketahui pada saat kegiatan pembelajaran siswa mengalami kesulitan menjawab soal berdasarkan materi atau cerita pendek. Hal ini dikarenakan siswa kurang berlatih untuk membaca dengan pemahaman yang mendalam dan siswa kurang berkonsentrasi serta bersungguh-sungguh dalam membaca. Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, kemampuan membaca pemahaman itu diperlukan siswa untuk dapat memahami bacaan atau materi yang tersedia. Salah satu cara untuk dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa yaitu dengan penggunaan metode pembelajaran yang tepat. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa adalah metode SQ3R, metode CIRC.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V dengan metode pembelajaran CIRC; 2) kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V dengan metode pembelajaran SQ3R;dan 3) keefektifan kemampuan membaca pemahaman yang menggunakan metode SQ3R dan metode CIRC di kelas V.
Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimen dengan desain Comparison group eksperimental designs dipilih untuk mencapai tujuan tersebut dengan menggunakan uji independent sample t test dan uji N-Gain untuk mengetahui keefektifan dari metode SQ3R dan metode CIRC. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 46 siswa, kelas VA dan kelas VB.
Berdasarkan hasil dari penelitian tersebut yaitu 1) kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V dengan metode pembelajaran CIRC peningkatan nilai sebesar 34,42%; 2) kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V dengan metode pembelajaran SQ3R mengalami kenaikan sebesar 57,58%; dan 3) hasil dari uji independent sample t test dan uji N-Gain mengatakan bahwa metode SQ3R dan metode CIRC memiliki pengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa, serta masuk kategori yang cukup efektif. Akan tetapi hasil uji N-Gain di kelas eksperimen lebih besar dibandingkan di kelas kontrol, yaitu 55,8 lebih dari 44,2.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ayunda Riska Puspita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Jul 2024 03:32
Last Modified: 01 Jul 2024 03:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29457

Actions (login required)

View Item View Item