Membangun Kecerdasan Kinestetik Siswa Melalui Ekstrakurikuler Drumband di SDN 1 Balong Ponorogo

Amin Masturoh, Dika (2024) Membangun Kecerdasan Kinestetik Siswa Melalui Ekstrakurikuler Drumband di SDN 1 Balong Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203200028_DIKA AMIN MASTUROH_ETHESES.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kecerdasan kinestetik adalah kemampuan seseorang untuk menggunakan seluruh tubuh atau fisiknya untuk mengekspresikan ide dan perasaan, serta keterampilan menggunakan tangan untuk mengubah atau menciptakan sesuatu. Kecerdasan kinestetik berhubungan dengan peningkatan psikomotor siswa yang ditandai dengan peningkatan kecepatan, ketangkasan dan kehalusan aktifitas motorik halus siswa. Akan tetapi pada ekstrakurikuler drumband di SDN 1 Balong juga memiliki kendala berupa SDM pelatih, keterbatasan dana dan waktu untuk latihan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler drumband dalam membangun kecerdasan kinestetik siswa dan juga untuk mengetahui apa saja faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan ekstrakurikuler drumband dalam membangun kecerdasan kinestetik siswa di SDN 1 Balong.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara mendalam dengan narasumber. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini yakni siswa yang mengikuti ekstrakurikuler drumband.
Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Kecerdasan kinestetik siswa sangat berpengaruh terhadap ekstrakurikuler drumband di SDN 1 Balong. Karena berkaitan dengan kemampuan fisik atau fisiologis siswa. Selain itu juga berpengaruh terhadap kedisiplinan dan tanggung jawab siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari siswa yang memiliki kemampuan koordinasi, keseimbangan, kekuatan, kelenturan dan kecepatan pada tubuhnya. 2) Faktor yang mendukung dan menghambat ekstrakurikuler drumband di SDN 1 Balong antara lain adalah faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internalnya dipengaruhi oleh kondisi fisik siswa, sedangkan faktor eksternalnya berasal dari lingkungan sekitar. Baik lingkungan sosial, keluarga dan masyarakat. Adapun faktor yang lain diantaranya adalah faktor SDM yang tersedia, ketersediaan sarana dan prasarana, ketersediaan dana dan faktor dukungan orang tua. Kemudian dapat dipengaruhi juga oleh kurang imbangnya otak kanan dan otak kiri siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lukman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Jul 2024 03:28
Last Modified: 01 Jul 2024 03:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29449

Actions (login required)

View Item View Item