Indragunawan, Bagas Septa (2024) Implementasi Pendidikan Akhlak Melalui Pencak Silat di Keluarga Persilatan Ki Ageng Pandan Alas Ranting Jiwan Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
BAGAS SEPTA INDRAGUNAWAN_210317362_E-THESIS.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Indragunawan, Bagas Septa. 2024. Implementasi Pendidikan Akhlak Melalui Pencak Silat di Keluarga Persilatan Ki Ageng Pandan Alas Ranting Jiwan Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Fata Asyrofi Yahya, M.Pd.I.
Kata Kunci: Pendidikan Akhlak, Ki Ageng Pandan Alas, Pencak Silat, Kualitatif.
Perkembangan zaman yang pesat ini menimbulkan perubahan – perubahan pola tingkah laku manusia. Namun sangat disayangkan jika perubahan tersebut mengarah pada perubahan negatif, khususnya pada usia remaja. Banyak kasus kenakalan remaja di Madiun yang tentunya sangat merugikan diri sendiri ataupun orang lain. Hal tersebut dapat dicegah jika para remaja mendapatkan pendidikan akhlak yang memadai. Banyak cara yang bisa dilakukan agar pendidikan akhlak tersebut dapat tercapai, salah satunya melalui kegiatan pencak silat. Pencak silat di Madiun sendiri sudah membudaya terutama bagi para remaja dan juga pencak silat tidak hanya berfokus pada pelatihan fisik saja, akan tetapi juga pelatihan mental spiritual terutama pada bidang akhlak. Salah satu perguruan pencak silat tersebut adalah Keluarga Persilatan Ki Ageng Pandan Alas. Perguruan ini tergolong unik karena fokus utamanya bukan untuk mencetak seseorang yang menjadi jawara atau jagoan, akan tetapi perguruan ini berfokus pada pengembangan rohani manusia khususnya pada bidang akhlak.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) metode pendidikan akhlak yang diterapkan di Keluarga Persilatan Ki Ageng Pandan Alas Ranting Jiwan Madiun; (2) menganalisis nilai – nilai akhlak yang terdapat akhlak di Keluarga Persilatan Ki Ageng Pandan Alas Ranting Jiwan Madiun; (3) menganalisis keberhasilan pendidikan akhlak yang diterapkan di Keluarga Persilatan Ki Ageng Pandan Alas Ranting Jiwan Madiun.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Proses pengumpulan data dilakukan secara mendalam serta memiliki setting alamiah. Dalam memperoleh data, peneliti melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti menggunakan metode wawancara terstruktur dan semi terstruktur yang ditujukan kepada sesepuh, pembina, pelatih, siswa – siswi dan orang tua siswa – siswi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif Miles, Huberman dan Saldana berupa kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah didalam Keluarga Persilatan Ki Ageng Pandan Alas Ranting Jiwan Madiun terdapat beberapa metode pendidikan akhlak yaitu pembiasaan, paksaan, keteladanan dan rendah hati. Kemudian terdapat beberapa nilai – nilai akhlak berupa Akhlak terhadap Allah SWT, Akhlak terhadap Sesama Manusia dan Akhlak terhadap Lingkungan. Selanjutnya adalah tingkat keberhasilan pendidikan akhlak bisa dikatakan cukup berhasil. Namun masih ada beberapa aspek yang perlu dibenahi, hal ini dikarenkan belum tercapainya beberapa indikator keberhasilan yang mencerminkan bahwa pendidikan akhlak belum berjalan secara maksimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Fata Asyrofi Yahya |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 01 Jul 2024 03:17 |
Last Modified: | 01 Jul 2024 03:17 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29441 |
Actions (login required)
View Item |