Inkorporasi Nilai-Nilai Pendidikan AL-Ghazali dalam Kitab Ayyuhal Walad dan Nilai-Nilai Pendidikan dalam Kurukulum Merdeka (Study Kasus Nilai-Nilai Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila)

Daroini, Mohammad Mansur (2024) Inkorporasi Nilai-Nilai Pendidikan AL-Ghazali dalam Kitab Ayyuhal Walad dan Nilai-Nilai Pendidikan dalam Kurukulum Merdeka (Study Kasus Nilai-Nilai Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
E THESIS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Daroini, Mohammad Mansur. 2024. Inkorporasi Nilai-Nilai Pendidikan Al-Ghazali dalam Kitab Ayyuhal Walad dan Nilai-Nilai Pendidikan dalam Kurikulum Merdeka. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing : Dr. Basuki M.Ag.

Kata Kunci : Inkorporasi, Al-Ghazali, Nilai-Nilai Kurikulum Merdeka.

Profil pelajar Rahmatan Lil Alamin merupakan pembentukan karakter peserta didik didalam medeka. profil pelajar ini mengedepankan pola pikir, bersikap etika dan berperilaku yang mana nilai-nilai yang universal dan menjunjung tinggi toleransi demi terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa dunia. nilai-nilai dan tujuan yang terdapat dalam profil pelajar Rahmatan Lil Alamain ialah upaya pada peseta didik untuk mejadi pribadi yang Berkeadaban (Ta’addub), Keteladanan (Qudwah), Kewarganegaraan dan kebangsaan (Muwaṭanah), Toleransi (Tasāmuh), Syura, (Adil wa I`tidal) konsisten, Tawazun, Tawasuth, Kesetaraan (Musawwa), Dinamis dan Inotif (Tathawwur wa Ibtikar). Pendidikan yang diberikan melalui tokoh pemikir Islam yaitu Al-Ghazali telah mewariskannya melalui kitab Ayyuhal Walad untuk membentuk kepribadian seorang peserta didik, jadi penulis sangat berorientasi mengenai keterkaitan anatra nilai-nilai profil pelajar Rahmatan Lil Alamin dan pemikiran Al-Ghazali dalam kitab Ayyuhal walad.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) bagaimana nilai-nilai profil pelajar Rahmatan Lil A’lamin?, (2) Bagaimana Bagaimanakah Nilai-Nilai pemikiran Al-Ghozali dalam kitab Ayyuhal Walad ?, dan (3) Bagaimanakah kaitannya Nilai-Nilai PPRAdalam Kurikulum Merdeka Belajar dan pemikiran Al-Ghozali dalam kitab Ayyuhal Walad ?. Untuk menjawab hal tersebut, penulis menggunakan pendekatan normatif yang kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisa content analis.
Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa konsep nilai-nilai profil pelajar Rahmatan Lil Alamin berkaitan dengan pemikiran Al-Ghazali dalam kitab Ayyuhal Walad. Karena nasihat dapat diberikan Al-Ghazali dalam kitab Ayyuhal Walad sesuai dan tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip, dan karakteristik seta hal-hal lainnya dalam pembelajaran kurikulum merdeka.
Selanjutnya saran-saran yang dapat penulis sampaikan adalah diharapkan para peserta didik dan lembaga-lembaga pendidikan terutama kegiatan belajar mengajarnya menggunakan konsep kurikulum merdeka dengan cara pengajaran dan penerapan dari nasihat-nasihat Al-Ghazali yang ditulis pada karyanya kitab Ayyuhal Walad. Agar tercapainya tujuan pembelajaran yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Basuki
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Jul 2024 03:15
Last Modified: 01 Jul 2024 03:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29440

Actions (login required)

View Item View Item